Salah satu pengunjung saat memilih buku di Taman Baca Masyarakat (TBM) Taman Bondas, Jl Sultan Agung, Kecamatan Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Salah satu pengunjung saat memilih buku di Taman Baca Masyarakat (TBM) Taman Bondas, Jl Sultan Agung, Kecamatan Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

Tahun 2020 mendatang, Pemkot Batu bakal menghadirkan satu lagi perpustakaan umum di Kota Batu. Bakal dihadirkannya perpustakaan umum itu sebagai upaya menumbuhkan dan mewujudkan Kota Batu sebagai kota literasi.

Rencananya pembangunan perpustakaan umum itu dianggarkan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2020 sebesar Rp 2,5 miliar. Perpustakaan tersebut nanti berada di gedung atau bangunan yang merupakan aset Pemkot Batu.

Aset itu seperti di bekas gedung Dinas Perumahan, Kawasan, Permukiman dan Pertanahan Kota Batu yang berlokasi di Jalan Kartini Kota Batu. Dengan menghadirkan fasilitas ruang diskusi, ruang baca hingga perpustakaan digital. 

“Perpustakaan umum nanti akan kami hadirkan dengan memanfaakan aset milik Pemkot Batu. Yang sifatnya adalah pinjam pakai,” ungkap Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso. 

Ia menambahkan, dengan menghadirkan perpustakaan umum itu dirasa sudah menjadi kewajiban dari Pemkot Batu. Sebagai upaya untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia di Kota Batu.

“Sekaligus untuk menarik khususnya anak muda agar semangat membaca. Dan mendukung Kota Batu sebagai kota literasi yang sudah ada dalam perwali,” imbuhnya. 

Ya dengan dihadirkannya perpustakaan umum itu agar membangkitkan budaya literasi di Kota Batu. Karena itu perpustakaan umum ini juga program prioritas Pemkot Batu di tahun 2020 mendatang. 

Menurutnya dengan dibangunnya perpustakaan yang dekat dengan Alun-Alun Kota Batu juga diharapkan mampu menambah fasilitas edukasi di pusat Kota Batu. Selain Taman Baca Masyarakat (TBM) Bondas yang ada taman kota.

Dengan demikian nanti di Kota Batu akan memiliki dua perpustakaan umum. Yang pertama perpustakaan kota di Lantai 2 dan 3 Gedung C Balai Kota Among Tani Batu.