SC google trends 2019
SC google trends 2019

Penasaran nggak sih, selama satu tahun terakhir ini kira-kira kata atau istilah dan topik apa yang paling banyak dicari di mesin pencarian? Mungkin juga, kata-kata yang kalian cari masuk dalam kategori kata atau istilah yang paling banyak dicari oleh warganet di seluruh penjuru Indonesia.

Nah, buat kalian yang penasaran, MalangTIMES kali ini coba merangkumkan beberapa kata atau istilah yang paling banyak dicari di mesin pencarian. Dilihat dari laman Google Trends, setidaknya ada beberapa kategori yang masuk trending Indonesia hingga awal Desember ini. Mulai dari makna sebuah kata atau istilah, film, lagu, peristiwa nasional, penelusuran terpopuler, resep, hingga tokoh.

Untuk kategori istilah, kata "bucin" masuk di urutan pertama. Sejak Januari hingga Desember, trafik pencarian kata "bucin" terus mengalami peningkatan. 

Dari laman Google Trends, disebutkan Lampung merupakan sub-wilayah yang paling banyak mencari istilah "bucin".  Disusul Jambi, Jawa Barat, Kalimantan Barat, hingga Sumatera Selatan.

Selain kata "bucin",  istilah lain yang juga banyak dicari adalah Ferguso, Gerd, KKN, Unicorn, japri, mukbang, podcast, santuy, dan halu. Nah, dari 10 besar istilah yang paling banyak dicari itu, kira-kira apakah kalian juga sempat mencari istilah tersebut di mesin pencarian?

Lanjut kategori berikutnya, yaitu tentang tata cara, istilah bagaimana cara hidup sehat merupakan yang paling banyak dicari di mesin pencarian. Kiat lain yang dicari di Google adalah cara menjadi orang sehat, cara naik MRT, cara membuat channel Youtube, cara menurunkan kolesterol, cara membuat blog, cara diet alami, cara menghitung berat badan ideal, cara isi Go-Pay, dan cara top up OVO.

Selanjutnya untuk kategori film, Joker merupakan yang paling populer di mesin pencarian. Disusul Captain Marvel, Shazam, John Wick: Chapter 3 Parabellum, Bumi Manusia, Gundala, Perempuan Tanah Jahanam, Avengers: Endgame, Spider-Man: Far From Home, dan Keluarga Cemara.

Kemudian untuk kategori kepergian tokoh, mantan Presiden B.J. Habibie merupakan tokoh yang paling banyak dicari. Kemudian di urutan kedua dan seterusnya adalah kepergian Ani Yudhoyono, Sutopo Purwo Nugroho, Muhammad Arifin Ilham, Sulli, Goo Hara, Cecep Reza, Robby Tumewu, Alfin Lestaluhu, dan Afridza Munandar.

Untuk kategori lagu, lagu milik Seventeen berjudul Kemarin paling banyak dicari di mesin pencarian. Disusul Lily oleh Alan Walker, K-391, dan Emelie Hollow. Kemudian di urutan ketiga dan seterusnya adalah Celengan Rindu oleh Fiersa Bestari, Senorita (Shawn Mendes dan Camila Cabello), Hanya Rindu (Andmash), Solo (Jennie), On My Way (Allan Walker), Sabrina Carpenter dan Farruko. Kemudian I Love You 3000 oleh Stephanie Poetri, A Whole New World oleh Zayn Malik dan Zhavia Ward, dan Thinking Oud Loud oleh Sheeran.

Selanjutnya, untuk kategori penelusuran terpopuler, cinta luar biasa merupakan topik yang paling banyak dicari. Urutan berikutnya adalah Pilpres 2019, dua garis biru, hidup sehat, bucin, KKN Desa Penari, telur gulung, Keluarga Cemara, Nadiem Makarim, dan RUU KUHP.

Sementara kategori peristiwa nasional, 10 besar topik yang paling banyak dicari adalah Audrey, cacar monyet, sidang MK, Tangkuban Perahu, kompensasi PLN, BMKG gempa, RUU KPK, mobil Esemka, kecelakaan Tol Cipularang, dan MRT Jakarta.

Untuk kategori resep, tema yang paling banyak dicari adalah resep pisang nugget, ceker mercon, rendang Padang, tongseng, kue lumpur, coto Makassar, tahu crispy, urap sayur, klappertart, dan jus wortel.

Terakhir untuk kategori tokoh, Nadiem Makarim merupakan tokoh yang paling banyak dicari. Disusul BTS, Edhy Prabowo, Blacklink, Wishnutama, Thareq Kemal Habibi, Reino Barack, Syahrini, Sandiaga Uno, dan Wiranto.