Dari kiri Ketua HIKAPAD DOC Kota Malang Afan Ari Kartika, Danrem 083 BDJ Kolonel Inf Zainudin dan tokoh Perempuan Kota Malang Nelly memberikan salam komando saat acara.
Dari kiri Ketua HIKAPAD DOC Kota Malang Afan Ari Kartika, Danrem 083 BDJ Kolonel Inf Zainudin dan tokoh Perempuan Kota Malang Nelly memberikan salam komando saat acara.

Kementerian Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenkopolhukam) bekerja sama dengan Korem 083/Baladhika Jaya dan Pemerintah Kota Malang menggelar acara pada hari ini, Minggu, 15 Desember 2019 yang bertempat di lapangan Brawijaya Malang. Acara ini dilaksanakan dalam rangka menumbuhkan rasa patriotisme dan nasionalisme bagi masyarakat dan generasi muda. Sehingga, semua elemen masyarakat dapat berperan aktif dalam menjaga dan mempertahankan kedaulatan NKRI.

Dalam acara tersebut, Komandan Korem 083/Baladhika Jaya, Kolonel Inf. Zainudin melibatkan dan mengajak seluruh elemen bangsa dari berbagai unsur, terutama dari Himpunan Putra-Putri Keluarga Angkatan Darat (HIPAKAD) DPC Kota Malang untuk terlibat aktif sebagai upaya agar selalu mengingat sejarah perjuangan bangsa. 

Sehingga, generasi muda saat ini bisa lebih menjadi pioner dalam menjaga kondusivitas NKRI pada umumnya, dan Kota Malang pada khususnya. Pada kegiatan ini, HIPAKAD DPC Kota Malang mengirimkan 40 anggota untuk mengikuti acara tersebut.

Menurut Afan Ari Kartika, selaku Ketua HIPAKAD DPC Kota Malang, momentum ini bisa menjadi acuan dan meningkatkan semangat patriotisme, jiwa korsa, dan semangat altruisme di antara anak-anak Angkatan Darat dan seluruh elemen masyarakat guna menjaga dan mempertahankan NKRI.

"Orang tua atau para pahlawan pendahulu kita tidak pernah mewariskan abu semangat kepada anak-anaknya dan generasi penerusnya, melainkan yang diwariskan adalah api semangat," tegas Afan.

Melalui kegiatan ini, diharapkan rasa patriotisme dan altruisme itu semakin tumbuh dalam dalam diri setiap warga negara untuk menjaga kesatuan dan keutuhan NKRI. "Dengan begitu, kita semua tidak akan mudah terpecah belah oleh ancaman baik dari dalam maupun dari luar," pungkas Afan.