Penuh semangat, pengurus MiXI Malang Raya berfoto bersama dengan member dan MiXI dari berbagai daerah di Jawa Timur yang turut hadir dalam pengukuhan MiXI Malang Raya. (Pipit Amggraeni/MalangTIMES).
Penuh semangat, pengurus MiXI Malang Raya berfoto bersama dengan member dan MiXI dari berbagai daerah di Jawa Timur yang turut hadir dalam pengukuhan MiXI Malang Raya. (Pipit Amggraeni/MalangTIMES).

Pengurus Mitsubishi Xpander Indonesia (MiXI) chapter Malang Raya resmi dikukuhkan, Minggu (15/12/2019) di Taman Rekreasi Wendit. Pengukuhan dihadiri langsung oleh pengurus MiXI Nusantara beserta pembina MiXI Malang Raya serta seluruh jajaran MiXI di Jawa Timur.

Ketua MiXI Chapter Malang Raya Dodik Setyo Permadi menyampaikan, MiXI merupakan sebuah komunitas yang sengaja dibentuk sebagai wadah bagi para pecinta Mitsubishi Xpander. Selama ini, member yang tergabung selalu aktif melakukan berbagai aktivitas dan kegiatan. Mulai dari bakti sosial hingga touring.

"Tapi sebelumnya kami berada di bawah naungan chapter Jatim. Saat ini kami deklarasi dan memiliki pengurus, mulai dari ketua hingga jajaran pengurus harian lainnya," katanya  di sela-sela agenda pengukuhan pengurus MiXI Chapter Malang Raya.

Sebelum melakukan pengukuhan, seluruh anggota aktif MiXI Chapter Malang melalukan kopi darat dengan pengurus MiXI pusat. Dari hasil pertemuan itu, akhirnya ditentukan nama-nama yang dipilih. Pemilihan pengurus berdasarkan keaktifan setiap member.

Setelah melakukan rembukan, kemudiam seluruh member sepakat untuk melakukan deklarasi. Hingga akhirnya deklarasi dilaksanakan lengkap dengan sederet agenda yang telah dipersiapkan jauh-jauh hari.

Sementara tema yang diangkat dalam deklarasi tersebut  adalah kekeluargaan. Hal itu erat kaitannya dengan visi dan misi MiXI, yaitu sistem kekeluargaan dan kebersamaan. Sehingga semangat menjalin kebersamaan di jalanan juga menjadi tonggak utamanya.

"Kami prinsipnya pertama adalah keluarga, pekerjaan, lalu komunitas. Kami juga selalu berkampanye untuk tertib berkendara," tambah Dodik.

Pembina MiXI Malang Raya Abdul Aziz menambahkan, keberadaan komunitas Mitsubishi Xpander selama ini memang banyak dicari. Terutama oleh para pecinta Mitsubishi Xpander. Dengan dikukuhkannya pengurus MiXI Chapter Malang tersebut, dia berharap agar semangat yang diusung  MiXI terus digelorakan.

"Semoga wadah yang ada semakin menguatkan member, terutama untuk menjadi sosok yang kepekaan sosialnya tinggi. Di jalan selalu guyub dan tidak ugal-ugalan alias selalu taat pada aturan. Tali silaturahmi antar-anggota juga semakin diperkuat," ujar Aziz.

Di sisi lain, pengurus MiXI Nusantara Cinta memberi pujian atas terlaksananya deklarasi MiXI Chapter Malang Raya. Dia berharap agar chapter di daerah lain segera menyusun langkah  seperti yang diambil Chapter Malang. Dalam waktu dekat, diharapkan MiXI Chapter Sidoarjo dan Tuban segera dibentuk.

"Malang ini luar biasa. Lima minggu sebelum deklarasi saat ini, saya tantang untuk deklarasi. Langsung diiyakan dan sekarang sudah deklarasi," ucap Cinta.

Proses deklarasi pun berlangsung tertib dan khidmat. Seluruh pengurus membacakan sumpah yang dipimpin  perwakilan MiXI Chapter Nusantara Cinta. Di akhir acara, seluruh member berfoto bersama dan memotong nasi tumpeng sebagai tanda dan wujud syukur.

Dalam kesempatam tersebut, member yang datang bukan hanya berasal dari Malang Raya. Juga hadir MiXI Chapter Surabaya, Sidoarjo, Kediri, hingga Gresik.