Petugas kepolisian Laka Lantas Polres Malang saat melakukan olah TKP di lokasi kejadian (Foto : Laka Lantas Polres Malang for MalangTIMES)
Petugas kepolisian Laka Lantas Polres Malang saat melakukan olah TKP di lokasi kejadian (Foto : Laka Lantas Polres Malang for MalangTIMES)

Kecelakaan maut terjadi di ruas jalan Tol Mapan (Malang-Pandaan), Senin (16/12/2019). Akibat kecelakaan tunggal tersebut, seorang penumpang dikabarkan meninggal dunia di tempat kejadian perkara (TKP). 

Kanit Laka Lantas Polres Malang, Ipda Agus Yulianto, menjelaskan jika kecelakaan maut di Tol Mapan ini terjadi di kilometer 78 wilayah Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang. Sedangkan kendaraan yang terlibat kecelakaan tunggal adalah mobil Mitsubishi Pajero nopol N-48-RI.

Pengemudi salah satu mobil mewah ini, bernama Razqi Billah warga Jalan Batavia Golf Bulevard, Desa Pandanwangi, Kecamatan Blimbing, Kota Malang. ”Akibat kecelakaan tunggal ini, seorang penumpang dinyatakan meninggal dunia di lokasi kejadian,” terang Agus.

Berdasarkan data yang dihimpun kepolisian, jumlah penumpang mobil pajero yang dikemudikan oleh mahasiswa 19 tahun tersebut di antaranya adalah Lintang Ramadhani Kusumaningrum warga Jalan Danau Jempang, Desa Lesanpuro, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang.

Mahasiswi 19 tahun itu, meninggal setelah mengalami luka parah di sekujur tubuhnya usai mobil yang ditumpanginya terlibat kecelakaan tunggal. ”Jenazah korban saat ini sudah dievakuasi ke Rumah Sakit Medika Lawang. Selain menelan korban jiwa, kecelakaan juga menyebabkan sopir serta penumpang lainnya mengalami luka-luka,” terang Agus.

Korban yang mengalami luka, lanjut Agus, adalah pengemudi mobil pajero Razqi Billah, dan para penumpangnya yang bernama Akbar Galang (21), Abdiel Azra Azzumar Zalfa (19), Derindra Ayu (19), dan Izral Maulana (22). ”Kasusnya masih dalam tahap penyidikan, petugas masih mendalami keterangan saksi dan hasil olah TKP (Tempat Kejadian Perkara),” ungkap Agus.

Diperoleh keterangan, kecelakaan maut ini terjadi sekitar pukul 13.30 WIB. Semula mobil Pajero yang memiliki akhiran plat nomor RI ini, melintas dari arah selatan dengan kecepatan sedang.

Setibanya di lokasi kejadian, tepatnya saat melintasi ruas jalan yang menikung. Mobil yang dikendarai remaja belasan tahun itu, tiba-tiba hilang keseimbangan dan nyelonong ke sebelah kiri. Akibatnya, mobil berwarna hitam tersebut menghantam rambu jalan tol sebelum akhirnya terguling ke arah kiri.

”Diduga kuat, mobil hilang keseimbangan karena medan jalan yang dilalui basah dan licin akibat diguyur hujan. Saat ini mobil yang terlibat kecelakaan sudah kami amankan guna kepentingan penyidikan,” tutup Agus kepada MalangTIMES.com.