Aplikasi E-Book Perpustakaan Kota Batu.
Aplikasi E-Book Perpustakaan Kota Batu.

Minat baca masyarakat tergolong rendah di Kota Batu. Karena itu upaya untuk meningkatkan minat baca masyarakat Pemkot Batu melaunching program E-Book Perpustakaan Kota Batu yang dilakukan di Graha Pancasila, Balai Kota Among Tani, Selasa (17/12/2019).

Bagi masyarakat yang ingin mengunduh aplikasi ini bisa di-download melalui sistem operasi android. Caranya bisa di-download di google play store.

Di sana cari dengan mengetik E-Book Perpustakaan Kota Batu yang terbuka bagi semua kalangan. Namun saat melakukan harus melakukan registrasi terlebih dahulu yang hanya bisa dilakukan di perpustakan umum Balai Kota Among Batu dan Taman Baca Masyarakat Bondas, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu. 

Saat melakukan registrasi, pendaftar cukup membawa kartu identitas Kartu Tanda Penduduk (KTP). Setelah terdaftar, pendaftar bisa mendowload buku bacaan yang diinginkan.

Hanya saja tidak bisa semua buku didownload, tetapi hanya dapat mendownload buku maksimal dua buku. Dan maksimal jangka waktu membaca selama dua minggu.

Kepala Bidang Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Batu, Mawardi mengatakan, melalui aplikasi ini bagi yang mengunduh bisa mengakses 1.058 buku di dalamnya.

Dengan beragam kategori buku meliputi sejarah, seni, musik, fotografi, makanan, fiksi, novel, politik, sosial, budaya, sport dan sebagainya. “Kami memberikan akses yang lebih mudah ini supaya minat baca di Kota Batu meningkat, jadi tidak harus diperpustkaan. Lewat handphone bisa diakses,” ungkapnya.

Melihat selama ini memang masyarakat Kota Batu kesusahan mengakses lokasi perpustkaan Kota Batu yang berada di Balai Kota Amonga Tani. “Di Balai Kota Among Tani Batu dianggap jauh dan sulit diakses oleh masyarakat,” imbuh Mawardi.

Dengan hadirnya e-book ini selain menambah minat baca, juga mempermudah masyarakat yang ingin mencari buku di perpustakaan Kota Batu. Sekaligus untuk mendekatkan masyarakat dengan budaya literasi.

Sedang hingga bulan November 2019 pengunjug di perpustakaan Kota Batu ini kurang lebih mencapai 6 ribu orang. Dengan rata-rata per bulan mancapai 500-1000 pengunjung. 

“Hal ini tidak sebanding dengan jumlah penduduk di Kota Batu yang mencapai 250 ribu jiwa. Artinya minat baca warga Kota Batu di perpustakaan Bali Kota Among Tani masih rendah,” tutup Mawardi.