Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko bersama Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama saat mengecek kesiapan personel saat Apel Operasi Lilin Semeru di Alun-alun Kota Batu, Kamis (19/12/2019).
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko bersama Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama saat mengecek kesiapan personel saat Apel Operasi Lilin Semeru di Alun-alun Kota Batu, Kamis (19/12/2019).

Bagi wisatawan yang akan berwisata ke Kota Batu, tidak perlu khawatir keamanannya. Sebab Polres Batu menjamin keamanan dan kenyamanan wisatawan yang akan berlibur saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) mendatang.

Polres Batu mempersiapkan ratusan personel di kawasan Kota Batu. Totalnya mempersiapkan 486 personel. 

Rinciannya terdiri dari 250 personel dari Polri, 30 personel dari TNI, 72 personel dari Satpol PP dan gabungan lainnya dari Pemkot Batu, serta 116 personel dari organisasi masyarakat.

“Kami menjamin keamanan dan kenyamanan bagi wisatawan yang akan datang ke Kota Batu,” ungkap Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama usai Apel Operasi Lilin Semeru di Alun-alun Kota Batu, Kamis (19/12/2019).

Ia menambahkan dalam Nataru ini, ada 40 pos yang didirikan. Terdiri dari 5 pos pengamanan, 1 pos pelayanan, 15 pos pantau, dan 19 pos wisata.

“Pada tahun 2019 ini kita prediksi jumlah wisatawan akan meningkat. Melihat setiap tahunnya jumlah wisatan terus meningkat, apalagi dibuka akses tol baru ini,” imbuhnya. 

“Selain itu kami juga akan melakukan pengamanan kepada umat Nasrani yang merayakan Natal,” tambah lulusan Akademi Polisi tahun 2001 ini.

Menurutnya ada 12 kerawanan yang perlu diantisipasi. Diantaranya terorisme, radikalisme, curat, curas, sweeping, balap liar, bencana alam dan kepadatan arus lalu lintas .

“Rencana pengamanan Natal dan Tahun Baru untuk wilayah Kota Batu akan difokuskan pada obyek vital tempat wisata dan tempat ibadah serta antisipasi bencana alam,” tutupnya.

Sedang dalam apel ini dihadiri oleh Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, Kepala Badan Narkotika Nasional AKBP Mudawaroh, dan sebagainya.