Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat memberikan penghargaan kepada Inspektorat di Graha Pancasila, Balai Kota Among Tani, Kamis (19/12/2019) malam. (Foto: Humas Pemkot Batu)
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat memberikan penghargaan kepada Inspektorat di Graha Pancasila, Balai Kota Among Tani, Kamis (19/12/2019) malam. (Foto: Humas Pemkot Batu)

Aparatur Sipil Negara (ASN) Award 2019 di Kota Batu digeber Kamis (19/12/2019) malam. Bentuk apresiasi untuk ASN berkinerja tingg dan  berprestasi yang digelar Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Batu itu berlangsung di Graha Pancasila, Balai Kota Among Tani.

Hasilnya, Inspektorat dinobatkan sebagai ASN terbaik. Urutan terbaik kedua adalah Dinas Pemadam Kebakaran (DPK) dan urutan ketiga Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Penghargaan itu langsung diberikan oleh Wali Kota Batu Dra Dewanti Rumpoko. Dalam momen itu, hadir pula Wakil Wali Kota Punjul Santoso, Kepala BKN Regional II Jawa Timur Tauchid Djatmiko, Kepala BKD Provinsi Jawa Timur Anom Surahno, Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama, Kajari Batu Sri Heny Alamsari, Sekda Batu Zadim Effisiensi.

“Mereka telah menunjukkan kesetiaan, pengabdian, kecakapan, kejujuran dan kedisiplinan dengan penilaian yang dilakukan secara objektif, terukur, akuntabel, partisipatif, dan transparan. Sehingga kami berikan penghargaan,” kata Kepala BKPSDM Siswanto.

Ia menambahkan, ASN yang menerima penghargaan tersebut diperoleh dari database Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK). Juga dari lulusan terbaik program kediklatan yang terdiri dari diklat kepemimpinan TK III dan IV yang telah diikuti pejabat struktural eselon III dan IV serta diklat dasar bagi CPNS yang telah diikuti oleh seluruh CPNS di lingkungan Pemerintah Kota Batu.

“Kemudian peraih program inovatif dan kreatif. Peraih predikat lulusan terbaik dalam program tugas belajar yang difasilitasi oleh Pemkot Batu,” imbuhnya.

Kemudian juga diberikan penghargaan Satyalancana Karyasatya oleh presiden sebagai tanda penghargaan kepada pegawai negeri sipil yang telah berbakti selama 10, 20 atau 30 tahun lebih secara terus-menerus.

“Semoga diberikannya penghargaan dan adanya ASN Award ini bisa memacu ASN untuk meningkatkan kinerjanya,” harap Siswanto.