Ilustrasi kopi (Foto: Istimewa)
Ilustrasi kopi (Foto: Istimewa)

Kebiasaan minum kopi saat ini seolah menjadi tren tersendiri di masyarakat. Apalagi, minuman ini telah bertransformasi menjadi salah satu minuman kekinian dengan berbagai merek.

Tak ayal, kaum milenial seakan tidak mau ketinggalan dalam menikmati minuman yang satu itu. Bagi sebagian orang, kopi seakan menjadi kebiasaan yang wajib hadir. Bahkan ada juga yang merasa dengan minum kopi akan menambah kondisi tubuh lebih fit. Hal itu karena kandungan kafein dalam kopi dapat merangsang kerja otak dan jantung.

Namun, amankah jika setelah minum obat, kemudian  minum kopi? Kasi Kesehatan Keluarga dan Gizi Masyarakat Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang Meifta Eti Winindar mengatakan, meminum kopi tidak akan menjadi masalah apabila diminum secara tepat. Sebab, kandungan kafein dalam kopi busa membuat tubuh terelaksasi. "Kopi itu bagus sebenarnya. Kan kafein bisa untuk relaksasi dan anti-stres," ujarnya.

Namun, kebiasaan minum kopi setelah minum obat tidak dianjurkan. Pasalnya, kopi menyebabkan interaksi dalam tubuh terhambat dan membuat obat tidak bekerja secara efektif. Bahkan fatalnya, juga bisa memicu beragam dampak berbahaya.

"Kalau itu meminumnya bareng-bareng dengan obat, lalu tablet tambah darah untuk remaja, maka akan tidak efektif di dalam zat besi itu sendiri. Interaksi antara obat dengan kafein malah akan menjadi penghambat," ungkapnya.

Jika memang menginginkan untuk tetap meminum kopi, disarankan setidaknya menunggu selama kurang lebih 2-3 jam setelah minum obat.