Suparno Hadiwibowo (paling depan) terpidana kasus korupsi Kota Malang yang diduga lakukan percobaan bunuh diri (Istimewa)
Suparno Hadiwibowo (paling depan) terpidana kasus korupsi Kota Malang yang diduga lakukan percobaan bunuh diri (Istimewa)

Mantan anggota DPRD Kota Malang yang terseret kasus korupsi, Suparno Hadiwibowo, dilaporkan melakukan percobaan bunuh diri. Pria yang dulunya bernaung di Partai Gerindra itu dikabarkan melakukan percobaan bunuh diri dengan cara meneguk cairan pembersih toilet pada Sabtu (21/12/2019) kemarin pagi.

Sumber terpercaya MalangTIMES yang enggan disebutkan namanya menyampaikan, aksi percobaan bunuh diri itu dilakukan Suparno di kamar mandi tahanan tempat dia menjalani hukuman, Lembaga Pemasyarakatan (LP) Porong. Namun belum diketahui alasan yang bersangkutan melakukan aksi tersebut. "Sekarang dirujuk ke rumah sakit di Sidoarjo," katanya pada MalangTIMES.

Sumber lain menyampampaikan, kabar terbaru saat ini Suparno disebut sudah dalam kondisi yang stabil dan kembali membaik. Sebelumnya Suparno juga telah mendapatkan perawatan intensif di salah satu rumah sakit di kawasan Sidoarjo. Pihak keluarga juga telah mengetahui kabar tersebut.

Sampai diturunkannya berita ini, MalangTIMES berusaha menghubungi pihak keluarga Suparno Hadiwibowo. Namun masih belum mendapatkan respons.

Sebelumnya, Suparno divonis hukuman penjara empat tahun satu bulan. Selain itu, ia dikenai denda sebesar Rp 200 juta subsider satu bulan penjara. Vonis tersebut dijatuhkan lantaran yang bersangkutan menerima hadiah atau janji dalam pembahasan APBD-Perubahan 2015.

Vonis tersebut dibacakan dalam persidangan yang digelar di Pengadilan Tipikor Surabaya di Jalan Raya Juanda pada 4 April 2019. Hakim Cokorda Gede Arthana menilai Suparno dan sembilan terdakwa lain yang divonis pada hari yang sama telah melanggar Pasal 12 a dan Pasal 12 b No 31 Tahun 1999 Tentang Tindak Pidana Korupsi.