Logo Arema FC (istimewa)
Logo Arema FC (istimewa)

Langkah berbeda dilakukan Arema FC untuk musim kompetisi Liga 1 2020. Menyongsong liga musim depan,  manajemen Arema memberikan kebebasan kepada pelatih untuk menentukan komposisi pemain.

Kebijakan ini berbeda dengan musim-musim sebelumnya. Dulu pelatih tinggal menjalankan tugas untuk menata permainan karena pemain sudah ada dan dikontrak sebelum pelatih kepala tiba.

General Manager Arema FC Ruddy Widodo mengatakan bahwa jajaran manajemen telah bersepakat dengan pelatih baru Singo Edan. Yakni, pelatih baru diberi kebebasan untuk menentukan komposisi pemain pada kompetisi Liga 1 2020.

Lantas, siapa pelatih baru Arema? Sayang manajemen belum mau menyebutkan nama. Informasinya, manajemen Arema telah mencapai kata sepakat dengan pelatih baru tersebut, tetapi belum ada tanda tangan kontrak untuk mengikatnya.

"Ditunggu saja. Nanti juga ada waktunya kami kenalkan kepada publik," ucap Ruddy.

Soal komposisi pemain, legiun asing ditentukan dan direkomendasikan oleh pelatih baru. Sedangkan untuk pemain lokal, pelatih baru akan berdiskusi dengan asisten pelatih terkait nama-nama yang akan dipertahankan dan nama-nama pemain lokal lain yang diincar.

Dengan begitu, tim pelatih bisa mudah untuk mengatur permainan yang diinginkannya karena sudah mengetahui karakter pemainnya. "Untuk pemain asing, dia (pelatih baru) yang menentukan dan nanti dia yang akan merekomendasikan ke manajemen. Sementara untuk pemain lokal, dia akan berdiskusi dengan asisten pelatih kemudian diserahkan ke manajemen dan manajemen yang akan mengeksekusi," ujar Ruddy.

Manajemen Arema mengungkapkam sudah ada tiga pemain yang diincar. Hal itu sudah dikomunikasikan pelatih baru dengan manajemen.

Arema sendiri menjadi tim yang serius menatap Liga 1 2020. Hal itu karena beberapa waktu lalu sebelum kompetisi Liga 1 2019 berakhir, tim berjuluk Singo Edan ini sudah memperkenalkan jersey ketiga berwarna abu-abu untuk musim depan.