Ketua DPRD Kota Batu Asmadi saat menyematkan pin kepada Susanti di Gedung DPRD Kota Batu, Senin (30/12/2019). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Ketua DPRD Kota Batu Asmadi saat menyematkan pin kepada Susanti di Gedung DPRD Kota Batu, Senin (30/12/2019). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

Susanti Levirika resmi menggantikan almarhum Sugandi yang telah tiada pada 17 Oktober 2019 silam lantaran terkena penyakit paru-paru. Lalu siapa Susanti Levirika yang beruntung menjadi anggota DPRD Kota Batu?

Susanti merupakan Istri anggota Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) dan putri dari Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Pandermania di Desa Oro-oro Ombo, Kecamatan Batu.

Dengan demikian jangan diragukan lagi pengetahuannya tentang pertanian. Karena latar belakang itu, Susanti ditempatkan di Komisi B yang menaungi pertanian dan perdagangan.

“Dengan kepercayaan yang diberikan sebagai wakil masyarakat saya ingin mulai membenahi permasalahan yang selama ini dihadapi oleh pedagang dan petani di Kota Batu,” ucap Susanti.

Misalnya seperti program kartu tani dari Dinas Pertanian Kota Batu yang terhenti. Susanti yang juga merupakan Ketua Penggerak Perempuan Golkar (KPPG) Desa Oro-oro Ombo itu, ingin ke depan mampu menaikkan taraf hidup pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan para petani di Kota Batu.

Perempuan yang merupakan anggota Partai Golkar aktif sejak tahun 2009 itu bisa duduk di kursi DPRD Kota Batu lantaran meraih suara tertinggi kedua di dapil 2 Kota Batu. Tepat di bawah urutan almarhum Sugandi, dengan jumlah 850 suara.

Sedang Susanti resmi menjadi anggota DPRD Kota Batu setelah dilakukan sumpah janji PAW (Pergantian Antar Waktu) di Gedung DPRD Kota Batu, Senin (30/12/2019).