Jose Aja (@josema018)
Jose Aja (@josema018)

Stopper asal Uruguay José Manuel Aja Livchich disebut-sebut akan menjadi suksesor Arthur Cunha sebagai pemain asing di lini belakang Arema FC untuk kompetisi Liga 1 2020 mendatang. Manuel Aja pernah membela Nacional di divisi utama liga domestik Uruguay. 

Sebelumnya, manajemen Arema pun sempat memberikan clue bahwa stopper pengganti Arthur Cunha berasal dari negara Amerika Latin yang tidak pernah bermain di Liga Indonesia. Hal tersebut mengerucut pada satu negara, yakni Uruguay, dan stopper yang akrab dengan nama Jose Aja.

Tetapi, keputusan datangnya stopper asing tersebut masih menunggu pelatih kepala Arema Mario Gomez tiba di Malang dan memimpin latihan perdana yang rencananya digelar Rabu (15/1/2020). "Untuk pemain asing semua menunggu pelatih (Mario Gomez) karena dia yang merekomendasikan untuk bermain di sini," ungkap General Manager Arema FC Ruddy Widodo. 

Sejak menunjuk Mario Gomez sebagai pelatih kepala, Arema banyak melakukan perombakan pemain, baik itu pemain lokal hingga asing. Bahkan bisa dikatakan Singo Edan merombak total para pemainnya dan mendatangkan pemain baru.

Pelatih baru harapan baru. Pepatah itu nampaknya yang bisa disematkan kepada tim Arema saat ini. Sebab, mayoritas pemain pada musim sebelumnya tidak masuk dalam rencana Mario Gomez. Meski beberapa masuk dalam proyeksi,  sang pemain memilih untuk pindah klub.

Untuk pemain asing, Mario Gomez tampaknya mencari tenaga baru yang fresh bagi Arema. Sebab, tiga dari empat legiun asing Singo Edan sudah beberapa tahun bermain di Liga Indonesia. Bahkan Arthur Cunha sejak 2016 sudah mengenakan jersey Singo Edan dari tim sebelumnya, Mitra Kukar.

Dalam perburuan pemain, Arema tampaknya hanya sebatas kode atau memberikan clue dan tidak sama sekali memberi tahu siapa nama pemainnya. Hal tersebut karena manajemen masih menghormati tim lamanya. Sang pemain rata-rata habis kontrak pada pertengahan Januari.

Untuk posisi stopper, Arema FC sebenarnya masih mempunyai kontrak bersama Arthur Cunha. Tapi Mario Gomez tampaknya tak memasukkan nama Cunha dalam proyeksi  tahun 2020.