Smart diapers 'Puck' (Foto: Instagram @smardiitec)
Smart diapers 'Puck' (Foto: Instagram @smardiitec)

Penggunaan diapers atau popok pada bayi bukan berarti tanpa masalah. Karena, orang tua juga harus selalu rutin melakukan pengecekan pada popok sekali pakai itu.

Biasanya, orang tua harus sering-sering melihat apakah sudah waktunya ganti karena kepenuhan pipis, ataupun apakah si bayi tengah dalam keadaan buang air besar. Bahkan, terkadang hal itu terlupakan dan menjadikan diapers yang dipakai bocor sebelum waktunya diganti.

Nah, kali ini sepertinya para orang tua sudah tak perlu khawatir dengan hal itu. Karena, baru-baru ini sebuah perusahaan di Miami, Amerika Serikat yaitu Smardii merilis Smart Diapers atau Popok Pintar. Yang mana akan mempermudah para orang tua dalam mendeteksi popok jika penggunanya tengah membuang kotoran atau sudah terlalu penuh.

Alat pendeteksi urin dan kotoran ini disebut 'Puck', bentuknya bulat dan mungil, yang bisa dipasangkan di diapers bayi maupun lansia. Dengan alat ini maka popok akan selalu terjaga kebersihannya.

Cara kerja dari pendeteksi ini, pengguna cukip memasangkan 'Puck' pada popok sekali pakai yang akan dikenakan. Kemudian, sensornya akan mulai bekerja ketika popok telah kotor.

Tak hanya mendeteksi pada saat popo kotor atau penuh, alat ini juga dapat memonitor suhu tubuh hingga mendeteksi kelainan komposisi urin. Bahkan, mampu melacak berapa lama pemakaian seseorang saat bergerak untuk mencegah luka dan iritasi.

Sensor dari alat pendeteksi tersebut akan dikirimkan ke aplikasi di smartphone melalui sinyal Bluetooth atau Wi-Fi yang diproduksi oleh Smardii. Menariknya, aplikasi ini bisa untuk melacak penggunaan popok pada 12 pemakai sekaligus, baik bayi ataupun lansia.

Aplikasi popok pintar ini juga bisa menyimpan data selama beberapa minggu atau bulan untuk membantu melacak perubahan pada tubuh yang mungkin terjadi. Seperti adanya permasalahan kulit pada bayi, infeksi, dan lainnya.