Plt Kadisparta Kota Batu Imam Suryono ketika menerima piagam penghargaan di Hotel Bidakara Jakarta. (foto istimewa)
Plt Kadisparta Kota Batu Imam Suryono ketika menerima piagam penghargaan di Hotel Bidakara Jakarta. (foto istimewa)

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko sudah memimpin kurang lebih dua tahun lamanya. Dan tahun 2019 lalu, di bawah kepemimpinannya, Kota Batu mampu mengumpulkan 22 penghargaan.

“Selama tahun 2019 ini Kota Batu sudah mengantongi 22 penghargaan. Tentunya ini merupakan hasil kerja keras bersama pemkot, DPRD, masyarakat, dan sebagainya,” ungkap Dewanti.

Ke-22 penghargaan itu yakni Adipura, Anugerah Swasti Saba, Sertifikat Open Defection Free Pemprov Jatim, Indonesia Attractiveness Award 2019, Best Innovation on Medium  & Small Governance, Anugerah Wisata Jawa Timur, Jambore Daerah Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur dengan raihan juara 1 lomba bongkar pasang tenda dalam  Hari Kesiapsiagaan Bencana.

Selain itu, ada PPID Award 2019 dengan penghargaan Badan Publikk Favorit Se-Jawa Timur,  Kelurahan Terbaik Kategori Pratama Tangguh se-Jatim yang diraih Kelurahan Temas.

Juga Trisakti Award, Kota Batu meraih juara III kategori Ekowisata, penghargaan madya Kota Layak Anak. Lalu meiah Top 25 Inovasi Pelayanan Publik Jawa Timur, Penganugerahan Manggala Karya Kencana.

Kemudian SAKIP Award, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko juga mendapatkan Best Wali Kota dalam Indonesia Innovation Award 2019, penganugerahan LKPD Tahun Anggaran 2018, penyelenggaraan Hari Kesiapsiagaan Bencana Terbaik.

Lalu, dalam Regional Leader Enterpreneur Award 2019, Wali Kota Dewanti Rumpoko mendapatkan penghargaan Wali Kota Entrepreneur Award kategori kesehatan. Pemkot Batu juga mendapatkan penghargaan atas keberhasilan menyusun dan menyajikan laporan keuangan pemda dengan opini WTP (wajar tanpa pengecualian) dalam penghargaan menteri keuangan RI atas laporan keuangan tahun 2018.

Ada lagi Kota Batu meriah juara I lomba pusat pengendali operasi (pusdalops) se-Jatim. Kota Batu juga meraih penghargaan Destinasi Wisata Unggulan oleh Indonesia Muslim Travel Index (IMTI). Dan, Kota Batu sebagai Pemda Kategori Baik. 

“Dengan penghargaan ini, di tahun 2020 ini yang penting mempertahankan. Karena mempertahankan sebuah prestasi juga bukan hal yang mudah,” imbuh Dewanti.

Ya harapannya ke depan itu, penghargaan yang diraih itu bisa menjadi motivasi yang lebih baik lagi untuk Kota Batu. Dan harapannya, prestasi itu ditingkatkan lebih baik lagi.