Trotoar ramah disabilitas di Jalan Diponegoro, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Trotoar ramah disabilitas di Jalan Diponegoro, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

Upaya membenahi sejumlah trotoar di beberapa titik di Kota Batu terus dilakukan Pemkot Batu. Bahkan Pemkot Batu juga ingin trotoar itu ramah bagi para penyandang disabilitas.

Ya, beberapa titik trotoar di Kota Batu  dicanangkan ramah bagi para penyandang disabilitas. Misalnya di Jalan Panglima Sudirman, Jalan Diponegoro, Jalan Trunojoyo, Jalan Ihwan Hadi, dan Jalan Hasanudin.

Trotoar yang berbeda dari biasanya itu menyediakan ubin pemandu. Hingga saat ini, pembangunan trotoar yang telah ramah disabilitas sudah mencapai 40 persen.

Dengan mengoptimalkan hadirnya trotoar itu, penyandang disabilitas bisa lebih nyaman untuk menggunakan fasilitas umum. “Trotoar itu bertujuan memberikan rasa aman dan nyaman bagi penyandang berkebutuhan khusus untuk dapat menikmati fasilitas umum,” ungkap Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Batu Alfi Nurhidayat. 

“Meskipun belum semua, tapi akan terus melakukan pembenahan sejumlah trotoar di Kota Batu. Agar lebih layak dan representatif bagi pejalan kaki, juga ramah disabilitas,” imbuh dia. 

Terlebih Kota Batu merupakan kota wisata yang menjadi jujukan wisatawan domestik maupun mancanegara. Sehingga perlu dilakukan perbaikan agar fasilitas bisa dirasakan dengan nyaman.

Hanya, pemeliharaan itu dilakukan secara berkala dan lebih dipriorotaskan. Terlebih yang berdekatan dengan tempat fasilitas umum. Di antaranya puskesmas, rumah sakit, dan sekolah.