Petugas saat memadamkan api di Jalan Lesti, Kelurahaan Ngaglik, Kecamatan Batu dilalap si jago merah, Minggu (19/1/2020).
Petugas saat memadamkan api di Jalan Lesti, Kelurahaan Ngaglik, Kecamatan Batu dilalap si jago merah, Minggu (19/1/2020).

Ruang tamu rumah Totok Sugiarto di Jalan Lesti, Kelruhaan Ngaglik, Kecamatan Batu dilalap si jago merah, Minggu (19/1/2020). 

“Kebakaran disebabkan karena kelalaian, anak pemilik rumah bermain korek api, lalu merembet ke tempat tidur,” kata Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana daerah ( BPBD) Kota Batu, Achmad Choirur Rochim.

Saat anak Totok bermain korek api itu membuat api kemudian merembet ke tempat tidur, yang berbahan spon. Membuat api semakin membesar.

 

Alhasil bukan hanya sekadar kasur yang dilalap di jago merah, tapi juga  membakar sebagian ruang tamu beserta perabotan yang ada di rumah Totok. 

 

“Untuk saat ini pemilik pak Totok Sugiarto beserta seluruh penghuni rumah, mengungsi di rumah saudaranya. Penghuni rumah berjumlah 5 orang, melihat tidak memungkinkan untuk bisa ditinggali,” katanya. 

 

Mengetahui adanya kebakaran itu warga langsung meminta bantuan, beberapa menit kemudian Dinas Penanggulangan Kebakaran Kota Batu, BPBD Kota Batu, PLN, Taruna Siaga Bencana, dan warga setempat langsung melakukan pemadaman.

 

Kerugian dari kelalaian itu adalah tempat tidur dua unit, plafon, kursi sofa, lemari buffet, jaringan listrik, dan beberapa perabotan lainnya. Kerugian diperkirakan mencapai Rp 3-5 juta.