Mario Gomez (pakai topi) saat beri instruksi pemainnya. (official Arema FC)
Mario Gomez (pakai topi) saat beri instruksi pemainnya. (official Arema FC)

Dalam masa training center (TC) yang dilakukan Arema FC di Kusuma Agrowisata Kota Batu, Mario Gomez mengingatkan pemainnya agar terus menjaga kondisi badannya. Pelatih asal Argentina itu khawatir pemainnya kelebihan berat badan atau obesitas.

Keseriusan Mario Gomez dalam menggembleng pemainnya pada masa TC terlihat sangat kompleks dari semua aspek. Hal tersebut karena Mario Gomez merasa pada masa libur kompetisi pemainnya kurang maksimal dalam menjaga kondisi badan.

Sehingga, ia harus membuat persiapan maksimal dalam hal meningkatkan kondisi fisik pemain. Gomez juga terus melakukan pemantapan taktik yang akan digunakan pada kompetisi Liga 1 2020.

Pria yang pernah menjadi asisten pelatih Hector Cepet di Inter Milan itu tidak henti-hentinya mengingatkan pemainnya agar melakukan diet seimbang. "Semua pemain harus hati-hati badannya agar tidak obesitas," ucap Mario Gomez.

Salah satu contohnya M. Rafli yang terlihat berat badannya bertambah usai libur kompetisi. Namun Mario Gomez mengaku bukan hanya satu pemain yang harus menjaga berat badannya. "Bukan hanya striker. Bek, tengah dan semua sangat penting dalam tim dalam menjaga berat badannya," imbuhnya.

Pada awal TC di Kota Batu, tim pelatih Arema FC memberikan materi fisik yang cukup menguras tenaga bagi pemain. Hal itu dilakukan agar kondisi pemain semuanya sama dan ketika menjalani game internal ataupun uji coba, tenaga semua pemain dapat maksimal. "Kami latihan fisik tiap hari, karena fisik sangat penting bagi pemain," katanya.

Tapi Gomez pun menyebut bahwa taktik dan strategi sangat dibutuhkan agar timnya bisa memainkan pertandingan dengan bagus dan menciptakan gol melalui proses. "Taktik itu sangat penting bagi tim, jadi fisik dan taktik harus beriringan," pungkasnya.

Arema FC sendiri saat ini masih menunggu tiga pemain asing rencananya untuk dalam pekan depan akan tiba di Malang. Tapi TC tim sendiri akan berakhir pada pekan ini. Kemungkinan tiga pemain asing itu akan mendapatkan porsi latihan sendiri agar stamina tetap sama dengan pemain lain.