Air meluap di saluran drainase Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, beberapa saat lalu. (Foto: istimewa)
Air meluap di saluran drainase Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, beberapa saat lalu. (Foto: istimewa)

Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang akan segera menghampiri Kota Batu. Cuaca cukup ekstrem  itu akan melanda kawasan Kota Batu selama tiga hari mendatang. Tepatnya 1-3 Februari 2020. 

Data tersebut dikeluarkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Rinciannya pada Sabtu (1/2/2020), cuaca hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir bakal melanda Kota Batu mulai siang sampai sore.

Kemudian  Minggu (2/2/2020), hujan akan mengguyur pada siang hingga sore. Dan Senin (3/2/2020) hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir hadir pada siang dan sore hari di Kota Batu. 

Karena itu, selama tiga hari. BMKG jauh-jauh sudah memberikan peringatan dini. Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Kota Batu Achmad Choirur Rochim mengatakan,selama tiga hari ke depan, masyarakat diminta tetap waspada saat hujan datang karena potensi bencana sewaktu-waktu bisa terjadi di Kota Batu. Apalagi,  bencana ayang kerap terjadi akhir-akhir ini adalah tanah longsor dan banjir.

“Saat hujan yang ekstrem beberapa hari yang lalu itu, kebanyakan bencana yang terjadi adalah tanah longsor,” ujarnya, Sabtu (1/2/2020).

Beberapa hari yang lalu, bencana cukup parah terjadi di Kelurahan Songgokerto di tiga titik. Mulai dari banjir lumpur hingga pelengsengan saluran irigasi ambrol.

“Masyarakat juga harus antisipasi banjir, pohon tumbang, dan sebagainya. Kemarin juga, air meluap sehingga ada beberapa rumah yang terimbas,” sambung Rochim.