Pengunjung anak-anak sedang membaca di Pojok Cengeng Taman Bacaan Masyarakat di Hutan Kota Bondas, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Pengunjung anak-anak sedang membaca di Pojok Cengeng Taman Bacaan Masyarakat di Hutan Kota Bondas, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

Beragam cara memang diupayakan oleh Pemkot Batu untuk mewujudkan sebagai kota literasi. Hal itu terbukti dengan jumlah minat baca yang setiap tahunnya mengalami peningkatan. Tahun 2017 silam minat baca masyarakat tercatat 5.402 pengunjung. Kemudian di tahun 2018 ada 4.559 pengunjung. Kemudian pada tahun 2019 ada 5.569 pengunjung.

Dari jumlah tersebut yang mendominasi datang ke perpustakaan adalah kalangan remaja. Misalnya tahun 2018 lalu, ada 3.353 kunjungan dengan didominasi usia 8–18 tahun.

Kemudian pada tahun 2019 ada 2.360 kunjungan, dengan usia 8–18 tahun. Dari data yang datang ke perpustakaan itu dari beberpa perpustakaan yang tersebar, seperti di Perpustakaan Kota di Balai Kota Among Tani, Taman Bacaan Masyarakat, dan di beberapa tempat lainnya. “Untuk meningkatkan jumlah kunjungan itu, memang dilakukan dengan beragam cara supaya mau ke perpustakaan,” kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batu Erwan Puja.

Beberapa program yang dijalankan itu adalah melakukan upaya jemput bola. Yakni, dengan mengadakan program undangan kepada sekolah-sekolah untuk melakukan kunjungan ke perpustakaan.

Kemudian selalu meperbarui dan menambah koleksi buka di masing-masing perpustakaan setiap tahunnya. “Lalu juga dengan perpustakaan keliling (pusling) ke desa-desa maupun sekolah-sekolah,” imbuhnya.

Hingga beberapa saat lalu melaunching program E-Book Perpustakaan Kota Batu. Melalui aplikasi ini bagi yang mengunduh bisa mengakses 1.058 buku di dalamnya.

Dengan beragam kategori buku meliputi sejarah, seni, musik, fotografi, makanan, fiksi, novel, politik, sosial, budaya, sport dan sebagainya. “Harapan kami ke depan agar dengan upaya yang kami lakukan bisa meningkatkan jumlah kunjungan ke perpustakaan,” harap Erwan.