Anggota DPRD Kota Batu saat dilantik di Gedung DPRD Kota Batu beberapa saat lalu.
Anggota DPRD Kota Batu saat dilantik di Gedung DPRD Kota Batu beberapa saat lalu.

Dirasa mekanisme pokok-pokok pikiran (pokir) kurang maksimal, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Batu melakukan terobosan baru. Terobosan itu adalah E-Pokir yang ditujukan untuk memudahkan anggota DPRD Kota Batu.

E-Pokir saat ini sedang dalam tahapan pembuatan website. Nanti website itu untuk menampung aspirasi anggota DPRD Kota Batu.

“Saat ini masih dalm pengerjaan. Sudah kami sampaikan dan masukan kami terima supaya optimal,”  ungkap Kepala Bappeda Kota Batu M. Chori. ”Jadi, nantinya masing-masing anggota DPRD  bisa memberikan aspirasinya atau masukannya yang didapat dari masyarakat secara online,” imbuhnya.

Tidak hanya bisa dimanfaatkan para anggota DPRD Kota Batu. Warga pun bisa melihat apa yang ada di dalam website tersebut. Sehingga masyarakat juga bisa mengawasi dan menyaksikan apa saja aspirasi yang telah ditulis di sana.

Jika E-Pokir selesai digarap, anggota DPRD Kota Batu  bisa mengakses scara individu. Ya setiap anggota mendapat satu user name dan password.

Terpisah, Wakil I DPRD Kota Batu Nur Rochman menyebutkan, hadirnya E-Pokir dapat memudahkan proses distribusi data bersumber dari aspirasi masyarakat kepada Pemkot Batu. Aspirasi masyarakat itu bisa melalui reses atau musrenbang yang disampaikan terlebih dulu kepada anggota DPRD Kota Batu.

“Tentunya ini menjadi keterbukaan informasi. Perihal semua kegiatan pemerintah daerah bisa diakses oleh masyarakat. Keberadaan E-Pokir ini akan mempermudah tugas-tugas legislatif secara administrasi,” ucapnya.