Susana di Dalem Kasepuhan Ponpes Tebuireng Jombang. (Foto : Adi Rosul / JombangTIMES)
Susana di Dalem Kasepuhan Ponpes Tebuireng Jombang. (Foto : Adi Rosul / JombangTIMES)

Pondok Pesantren Tebuireng Jombang berduka atas meninggalnya KH Sholahuddin Wahid (Gus Solah). Para santri dan keluarga pesantren mulai disibukan dengan persiapan pemakaman.

Pantauan wartawan di PP Tebuireng Jombang, Jalan Irian Jaya No. 10, Desa Cukir, Kecamatan Diwek, ratusan santri mulai terlihat sibuk di kompleks pondok, Minggu (2/2) pukul 22.40 WIB.

Sebagian santri terlihat membersihkan perabotan yang berada di Dalem Kasepuhan Tebuireng yang berada di sebelah utara masjid utama pondok. Beberapa kursi dan meja nampak dikeluarkan dan diganti dengan dipasang karpet.

Dalem Kasepuhan ini rencananya digunakan untuk menyambut tamu keluarga dan persemayaman jenazah. Saat ini, Sementara, sebagian santri difokuskan di masjid utama pondok untuk menggelar doa bersama.

Jenazah Gus Solah direncanakan akan diterbangkan dari Jakarta ke Jombang pada Senin (3/2) sekitar pukul 09.00 WIB. "Rencana akan diberangkatkan dengan pesawat Hercules," ujar sepupu Gus Solah, KH Muhammad Irfan Yusuf, saat ditemui di Dalem Kasepuhan Tebuireng.

Saat ini, lanjut Gus Irfan, memang persiapan kedatangan jenazah Gus Solah sudah mulai dilakukan. Mulai dari pengajian hingga persiapan pemakaman.

"Kita lihat ini, anak-anak (santri, red) mulai mengaji. Ada yang menyiapkan ruang, ada yang menyiapkan tempat pemakamannya nanti," terangnya.

Jenazah Gus Solah nantinya akan dimakamkan di kompleks pemakaman keluarga pondok Tebuireng. Di makam tersebut terdapat makam pendiri Nahdlatul Ulama KH Hasyim Asy'ari, yang juga sebagai kakek Gus Solah. Dan juga mak ayah Gus Solah, KH Wahid Hasyim dan kaka Gus Solah yakni Presiden RI ke-4 KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Namun, Irfan belum bisa memastikan lokasi liang makam Gus Solah di sebelah mana. Pihak keluarga masih akan bermusyawarah untuk menentukan lokasi liang makam adek Gus Dur tersebut. "Kita nanti bicarakan dengan keluarga. Biasanya kita rapat keluarga, posisi dimana dimakamkan," pungkasnya.

Untuk diketahui, Gus Solah wafat sekitar pukul 20.55 WIB di Rumah Sakit Harapan Kita Jakarta. Gus Solah meninggal akibat penyakit jatung yang dideritanya. Gus Solah meninggalkan seorang istri dan 2 putra, 1 putri dan 6 cucu. Saat ini jenazah adek Gus Dur ini disemayamkan di rumah duka di Jalan Kapten Tendean, Jakarta.(*)