Petugas PLN saat melakukan perbaikan terhadap tiang miring yang hampir ambruk. (Foto: Dokumen MalangTIMES)
Petugas PLN saat melakukan perbaikan terhadap tiang miring yang hampir ambruk. (Foto: Dokumen MalangTIMES)

PLN akhirnya membenahi sejumlah tiang listrik yang nyaris ambruk di Dusun Bendo Sawit, Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Tiang listrik tersebut sebelumnya dikeluhkan masyarakat sekitar yang sering melintas dijalan itu.

Masyarakat resah atas kondisi tiang listrik miring yang hampir ambruk ke badan jalan. Terlebih, di tengah cuaca buruk dengan tingginya intensitas hujan yang kerap disertai dengan angin kencang beberapa waktu terakhir.

Sebelumnya dikonfirmasi melalui telepon, Unit PLN Gondanglegi yang menaungi wilayah kerja tersebut mengatakan akan segera ditindaklanjuti hari Senin ini (3/2/2020). Tetapi jadwal pembenahan dimajukan sehari untuk mengantisipasi kecelakaan yang tidak diharapkan. 

Pasalnya, pihak PLN mempertimbangkan curah hujan tinggi yang melanda Kabupaten Malang dan daerah tersebut juga rawan longsor. "Alhamdulillah sudah dikerjakan hari Minggu (2/2/2020) kemarin (diajukan)," ujar Samsul selaku penanggung jawab wilayah kerja tersebut.

Menurut penuturan Samsul, perbaikan tiang listrik ini dikerjakan oleh petugas PLN dan dikerjakan mulai pagi sampai sore hari. "Dikerjakan oleh 12 petugas, mulai pagi sampai sore hari," imbuh dia.

Samsul juga berterima kasih kepada masyarakat yang telah menyampaikan laporan. Dengan luasnya wilayah pelayanan, dia mengakui minimnya petugas yang memantau kondisi seluruh tiang listrik dan jaringan. Sehingga, pihaknya terbantu atas laporan-laporan masyarakat yang masuk. 

Dia juga meminta masyarakat untuk tetap memantau keamanan jaringan listrik, terutama di sekitar lingkungan atau rumah masing-masing. "Kami juga berharap tidak ada lagi sambungan ilegal yang berpotensi bahaya. Jika masyarakat menemukan indikasi sambungan ilegal, mohon dilaporkan," pungkasnya.