istimewah
istimewah

Kasus pembuangan bayi kembali terjadi di Jember. Beruntungnya, bayi malang tersebut masih dalam keadaan hidup. Bahkan, ditemukan lengkap dengan pakaian dan perlengkapan bayi lainnya.

Bayi perempuan tersebut pertama ditemukan di teras rumah Farida, warga Dusun Krebet, Desa/Kecamatan Gumukmas, pada Senin (3/2) pagi. "Kondisi bayi sudah bersih. Entah siapa yang menaruhnya karena bayi ditemukan pada jam 5 pagi," kata Farida. 

Selang berapa waktu kata Farida, si bayi dibawa ke puskesmas setempat untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Kepala Puskesmas Gumukmas dr Halimah Arvi saat dikonfirmasi menyebut, bayi saat ini telah dalam penanganan pihak puskesmas. Menurut dia, diperkirakan usia bayi tersebut sekitar umur 2-3 hari.

"Kondisinya bersih dengan berat 2,5 kilogram dan panjang 47 centi. Saat ini bayi dalam perawatan kami. Tadi kami lakukan pemeriksaan kesehatan dan kami beri susu untuk menghangatkan badannya," ungkapnya.

Untuk mengetahui asal usul bayi yang dibuang tersebut, kata Halimah, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak kecamatan dan Polsek Gumukmas untuk membuat laporan kepolisian tentang penemuan bayi sebelum diserahkan ke Dinas Sosial Kabupaten Jember. "Karena nanti yang berwenang adalah Dinas Sosial," ucapnya.