Sekretaris Daerah Kota Malang Wasto. (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).
Sekretaris Daerah Kota Malang Wasto. (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).

Malang Creative Center (MCC) sebagai salah satu mega proyek Pemerintah Kota Malang sudah mulai digarap. Dalam tahap awal, anggaran yang disiapkan mencapai Rp 2,7 miliar.

Saat ini, pembangunan pusat kegiatan kreatif itu masuk dalam tahap lelang pengadaan Jasa Konsultasi Pengawasan (Jasa Konsultasi Manajemen Konstruksi) MCC yang belum lama ini diumumkan.

Berdasarkan data Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kota Malang, pengadaan jasa konsultasi konstruksi untuk MCC tersebut mulai dilelang pada 7 Januari 2020 lalu. Nilai pagu jasa tersebut tepatnya Rp 2.747.000.000,00 dengan nilai Harga Perkiraan Sendiri (HPS) paket Rp 1.985.594.600,00.

"Sudah mulai lelang," kata Sekretaris Daerah Kota Malang Wasto.

Sebelumnya, Wasto menyampaikan, pengembangan MCC dengan segala kontroversialnya akan tetap dilaksanakan. Karena MCC dinilai mampu menjadi gedung yang dapat memfasilitasi berbagai macam pelatihan hingga tempat negoisasi antara pelaku usaha dengan para investor.

"MCC adalah gedung yang akan fasilitasi tempat pelatihan, display, negoisasi bisnis, inkubator seluruh UMKM di Kota Malang," katanya.

Dia pun berharap, investor dapat dimudahkan dengan keberadaan MCC. Karena berbagai jenis produk UMKM akan ditempatkan di sana. Investor pun dapat melihat langsung kondisi produk yang ada serta dapat memberi masukan terhadap setiap kekurangan yang dimiliki.

"Dan di sana akan ada kreator yang itu adalah anak-anak muda yang siap mendampingi UMKM. Tujuannya agar UMKM naik kelas," tambahnya.

Dia pun optimis, melalui pergerakan searah yang dilakukan di MCC nantinya akan memberi dampak cukup signifikan pada pertumbuhan UMKM di Kota Pendidikan ini. Sehingga produk UMKM Kota Malang dapat merajai pasar, baik lokal, nasional, maupun internasional.

"Produk kita bisa merajai secara lokal, nasional, dan akan baik lagi kalau sampai ke kancah internasional," jelas Wasto.

Sebagai informasi, MCC merupakan salah satu mega proyek yang akan digarap Pemerintah Kota Malang pada 2020 ini. Pada APBD 2020, Pemkot Malang mengalokasikan anggaran sebesar Rp 125 miliar. Anggaran tersebut dialokasikan untuk membangun gedung setinggi lima hingga delapan lantai.