Petugas pemadam kebakaran sedang melakukan pemadaman di titik lokasi kebakaran. (Foto: Istimewa)
Petugas pemadam kebakaran sedang melakukan pemadaman di titik lokasi kebakaran. (Foto: Istimewa)

Lagi-lagi korsleting listrik diduga menjadi pemicu kebakaran yang menghanguskan sebagian dari satu rumah di wilayah Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang.

Kejadian kebakaran ini terjadi pada hari Kamis (19/3/2020) di Perumahan Bhumi Banjararum Asri Blok AF No. 02, Desa Banjararum Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang sekitar pukul 18.30 WIB.

Menurut laporan dari Komandan Regu Dua PMK (Pemadam Kebakaran) Kabupaten Malang Agus Sumaryono yang menghimpun keterangan dari beberapa saksi, menjelaskan kronologi terjadinya kebakaran di wilayah tersebut.

"Ada tetangga pemilik rumah melihat percikan api di lantai dua dari rumah Bapak Heri Safrudin (pemilik rumah) sekitar pukul 18.30 WIB, dan meminta bantuan kepada warga sekitar dan menghubungi kami (PMK Kabupaten Malang)," ujarnya.

Agus juga menambahkan, unit PMK (Pemadam Kebakaran) Kabupaten Malang meluncur ke titik lokasi kebakaran sekitar pukul 19.05 WIB dan tiba di lokasi kebakaran sekitar pukul 19.25 WIB langsung melakukan pemadaman. 

Agus juga menjelaskan rumah yang mengalami kebakaran tersebut berjenis rumah tinggal. "Ini termasuk rumah tinggal, dua lantai dengan ukuran sekitar 12 meter x 6 meter yang dimiliki oleh Heri Safrudin dan titik api ada di lantai dua," jelasnya. 

Berdasarkan dari laporan evakuasi petugas, kebakaran ini tidak menelan korban jiwa. Hanya saja kerugian materiil yang diperkirakan mencapai jutaan rupiah. 

Dalam evakuasi pemadaman kebakaran tersebut melibatkan PMK Kabupaten Malang tiga unit, PMI (Palang Merah Indonesia) Kabupaten Malang empat personil, RRM dua personil, RAM satu personel, Relawan Malang lima personel, serta dibantu masyarakat sekitar.