WNA yang tergelatak di pinggir jalan dan saat dilakukan evakuasi oleh petugas medis.
WNA yang tergelatak di pinggir jalan dan saat dilakukan evakuasi oleh petugas medis.

Ternyata, seorang pria Warga Negara Asing (WNA) yang ditemukan tergeletak di pinggir Jalan Imam Bonjol, Denpasar, Bali pada hari Senin (16/3/2020) lalu, positif terinfeksi virus Corona atau Covid-19.

Pria yang tergeletak tersebut di evakuasi dari atas sepeda motornya dengan kondisi bertelanjang dada. Dugaan awal, pria WNA tersebut meninggal diakibatkan terlalu banyak minum minuman keras (miras) dan terkena serangan jantung.

Tetapi setelah dilakukan pemeriksaan laboratorium secara mendalam, pria WNA tersebut positif terinfeksi virus Corona atau Covid-19.

"Dokter lakukan pemeriksaan awal, ada (penyakit) jantung. Namun demikian dalam situasi ini dilakukan penanganan berkaitan Covid-19, cek lab hasilnya positif," ujar Dewa Made Indra selaku Sekretaris Daerah Bali dalam keterangan persnya, pada hari Sabtu (21/03/2020).

Sebelumnya, Kapolresta Denpasar AKBP Jansen Avitur Panjaitan menegaskan bahwa dugaan awal, WNA tersebut meninggal dikarenakan terlalu banyak minum minuman keras (miras) dan tidak ada kaitannya dengan persebarannya virus Corona atau Covid-19.

Hal ini dikuatkan karena sebelum WNA tersebut tergeletak di pinggir jalan, dirinya baru saja datang ke tempat penjual minuman keras (miras).

Tetapi dari pendalaman hasil laboratorium oleh tim dokter kurang lebih dalam waktu enam hari, WNA tersebut dinyatakan positif virus Corona atau Covid-19. 

Hingga saat ini, jenazah masih berada di Rumah Sakit Umum Pusat Sanglah Denpasar. Pemerintah untuk saat ini terus berkomunikasi dengan konsulat jenderal WNA tersebut.

Perlu diketahui juga bahwa sebelumnya juga terdapat WNA yang meninggal di Bali setelah terkena infeksi virus Corona atau Covid-19 pada hari Rabu (11/3/2020). 

Bukan hanya karena terinfeksi virus Corona atau Covid-19, tetapi WNA tersebut telah memiliki penyakit seperti diabetes, hipertensi, hipertiroid dan penyakit paru obstriksi menahun. 

Sedangkan untuk di Bali sendiri terdapat dua orang pasien positif virus Corona atau Covid-19 yang keduanya merupakan Warga Negara Indonesia (WNI). 

Infeksi virus Corona atau Covid-19 ini sangat berbahaya karena dapat menurunkan daya tahan tubuh yang menyebabkan seseorang tersebut dapat meninggal dunia.