Pedagang saat melayani pembeli di Pasar Besar Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Pedagang saat melayani pembeli di Pasar Besar Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

Di tengah wabah virus corona atau covid-19, beragam upaya dilakukan  Pemkot Batu untuk meringankan masyarakat.  Kali ini kebijakan diberikan kepada pedagang Pasar Besar dan pedagang kreatif lapangan (PKL) di Alun-Alun Kota Batu dengan tidak menarik retribusi.

“kami tidak menarik retribusi kepada pedagang ini, melihat situasi bencana nonalam ini berimbas kepada mereka,” kata Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso.

Menurut Punjul, dengan imbauan masyarakat agar tidak keluar rumah atau berakivitas di rumah demi mencegah virus tersebut, banyak pedagang atau pelaku usaha mengeluhkan penurunan penghasilan. Sebab, terjadi penurunan jumlah konsumen.

Karena itu,  kebijakan tidak menarik retribusi diberikan kepada para pedagang Pasar Besar Kota Batu dan PKL Alun-ALun Kota Batu. “Bukan hanya jalan yang terlihat sepi, tapi tempat umum kini menjadi sepi. Imbasnya penghasilan berkurang,” imbuhnya.

Lalu, sampai kapan kebijakan itu diberikan? Menurut Punjul, tidak ditariknya retribusi itu hingga waktu yang belum ditentukan atau hingga keadaan kembali normal kembali.

“Kami tidak akan menarik retribusi sampai kondisi normal kembali. Semoga wabah virus ini bisa cepat berlalu,” tutup pria yang juga ketua DPC PDIP Kota Batu ini.