Kemasan Indomie yang diubah menjadi 'Idontmudik'. (Foto: instagram @harimerdeka).
Kemasan Indomie yang diubah menjadi 'Idontmudik'. (Foto: instagram @harimerdeka).

Tradisi mudik jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran sudah menjadi rutinitas tahunan bagi masyarakat Indonesia. Ajang berkumpul dengan keluarga saat perayaan hari besar umat muslim ini memang hal yang paling ditunggu.

Namun, di tengah pandemi covid-19 yang semakin meluas di Indonesia, kebijakan akses pembatasan sosial diterapkan. Meski pemerintah pusat tidak membuat kebijakan pelarangan mudik, warga tanah air tetap diimbau untuk tak melakukannya di masa kedaruratan ini.

Sayangnya, tidak semua orang mengindahkan imbauan tersebut. Perkampungan terpantau mulai didatangi oleh orang-orang dari luar daerah bahkan dari luar negeri dengan dalih mudik menyambut Ramadan dan zlebaran mendatang.

Nah, hal ini rupanya menggugah waeganet membuat imbauan untuk tak mudik sementara waktu dengan hal yang kreatif dan unik. Hal-hal yang berkaitan dengan khas pulang kampung dijadikan bahan oleh pemilik akun instagram @harimerdeka.

Beberapa produk khas di hari Lebaran dan kardus bawaan orang saat mudik diubah menjadi ide untuk diplesetkan sebagai imbauan tidak mudik. Apa saja?

1. Kardus Indomie Jadi 'Idontmudik'



Kardus Indomie menjadi barang yang identik dengan mudik. Kebanyakan orang, akan membungkus oleh-oleh untuk dibawa ke mampung halaman dengan menggunakan kardus dan ditali pakai rafia.

Tapi, kali ini tulisan khas Indomie diubah menjadi 'Idontmudik'. Ada penambahan tuliasan 'Biar Aman', kemudian "Keluargaku Ayam Sorry". Tak lupa di bagian ujung kanan juga tertanda 'Biar Corona Nggak Nyebar'. Desain ini seakan ditujukan untuk keluargamu sebagai permintaan maaf karena kamu nggak bisa pulang.

2. Kaleng Fanta Jadi 'Fantang Pulkam'



Menempuh perjalanan panjang saat mudik, biasanya banyak godaan dari minuman bersoda untuk meredakan rasa kering tenggorokan. Namun, kali ini rasanya rutinitas itu harus ditinggalkan sejenak.

Kalimat yang terdapat pada minuman bersoda 'Fanta' diubah menjadi 'Fantang Pulkam'. Sejatinya untuk mengingatkan kepada kalian para perantau nanti dulu mudiknya.

3. Obat Anti-Mabuk Jadi 'Anti-Mudik'



Bagi kalian yang sering mabuk saat naik kendaraan umum, obat anti-mabuk ini pasti bakal menemani perjalananmu. Tapi, kali ini dalam obat tersebut tertuliskan 'Anti-Mudik'.

Para masyarakat juga diharapkan untuk memahami situasi dan kondisi masa kedaruratan covid-19 ini untuk mengurungkan niat mudiknya. 'Diharap Mengerti, Paham?' lanjut tulisan di balik bungkus obat tersebut.

4. Kaleng Khong Guan Jadi 'Gak Pulang Bisa Kuat'



Nah, kaleng biskuit legendaris Khong Guan menjadi yang tak terlewatkan menyambut Lebaran. Meskipun, isinya biasanya diganti dengan kerupuk atau rengginang.

Ya, mungkin pada Lebaran tahun ini terkena tipuan isi kaleng biskuit legendaris harus dilupakan sejenak. Sebab, di situ tertera imbauan 'Gak Pulang Bisa Kuat'.

Seolah ingin mengajak para pemudik untuk lebih menguatkan diri sementara waktu dan tidak pulang. Paling tidak hingga masa pandemi covid-19 ini berakhir.