Logo PSSI (PSSI)
Logo PSSI (PSSI)

Pandemi covid-19 telah meremukan keuangan berbagai negara dunia. Perekonomian pun melemah dan lumpuh, tak terkecuali sektor olahraga sepakbola. Cabang olahraga (cabor) terfavorit di dunia ini pun limbung dihantam pandemi covid-19.

Kondisi ini pula yang dianalisa oleh FIFA sebagai induk cabor sepakbola di berbagai negara dunia. Sehingga FIFA  melalui program FIFA Forward mempercepat pengucuran dana untuk seluruh negara anggotanya dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19.

Tak tanggung-tanggung, FIFA mempercepat penyaluran bantuannya senilai 150 juta dolar AS atau sekitar Rp 2,3 triliun. Yang akan didistribusikan ke 211 negara anggota sepak bola mereka yang berada di seluruh dunia.

Masing-masing negara akan mendapatkan dana sebesar 500 ribu dolar AS atau sekitar Rp 7,7 miliar. Dana ini yang akan digunakan untuk operasional federasi serta menyelesaikan urusan dengan pihak ketiga.

"Pandemi telah menyebabkan tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya bagi seluruh komunitas sepak bola. Dan sebagai badan pengatur sepak bola dunia, adalah tugas FIFA untuk berada di sana dan mendukung mereka yang sedang membutuhkan," kata Presiden FIFA Gianni Infantino, seperti dilansir dari website resminya.

“Ini dimulai dengan memberikan bantuan keuangan langsung kepada asosiasi anggota kami yang banyak di antaranya mengalami kesulitan keuangan yang parah.” imbuhnya.

Sontak saja adanya bantuan keuangan yang juga disetujui oleh Komite Pengembangan dan Komite Keuangan FIFA tertanggal 24 April 2020. Dalam upaya mempercepat pengucuran dana program FIFA Forward 2.0 tahun 2019 dan 2020 yang semula akan diberikan pada bulan Juli menjadi dalam waktu dekat. 

Disambut hangat oleh berbagai negara anggota sepak bola FIFA. Tak terkecuali PSSI yang selama dua tahun terakhir, memaksimalkan program FIFA Forward itu untuk pengembangan pelatih, wasit dan pemain muda. Seperti Garuda Select yang melakukan pemusatan latihan di Inggris dan lain sebagainya.

Indonesia melalui PSSI menyampaikan apresiasinya ke FIFA yang konsisten membantu dalam mengembangkan sepak bola di Indonesia. 

"Sebagai anggota asosiasi, PSSI memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada FIFA yang konsisten membantu dalam mengembangkan sepak bola di Indonesia," ujar Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.

Lewat bantuan yang digelontorkan FIFA, Iriawan menyampaikan, anggaran itu direncanakan dan akan dipergunakan secara tepat sasaran dan transparan untuk pelaksanaan program serta kelanjutan organisasi PSSI di tengah dampak pandemi Covid-19.