Newcastle United (istimewa)
Newcastle United (istimewa)

Kancah sepak bola Liga Inggris patut ditunggu. Pasalnya, di musim berikutnya, pertarungan tim-tim dengan pemilik dari negara Timur Tengah akan cukup mewarnai perhelatan sepak bola yang dinanti seluruh dunia ini.

Satu klub sepak bola Inggris, Newcastle United yang berjuluk The Magpies, adalah contoh akan mulainya pertempuran di lapangan hijau yang dimiliki oleh sosok-sosok dari timur tengah.

Dikabarkan, The Magpies akan diakuisis oleh putra mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salma yang siap menggelontorkan dana besar.

Bila Newcastle United benar diakuisisi, maka klub The Magpies ini akan memasuki era baru. Serta akan merubah secara besar-besaran klub itu di musim depan. Mulai dari pelatih, pemain dan juga pastinya berburu gelar mulai domestik hingga internasional seperti Liga Champions Eropa yang paling bergengsi.

Khususnya di bangku pelatih. Keberadaan pangeran mahkota Arab ini jauh hari telah membuat panas posisi tersebut. Dikabarkan saat ini Newcastle United sudah mulai mengarahkan bidiknya untuk mencari pelatih berkualitas tinggi yang bisa mendatangkan pemain bagus nantinya.

Dari desas desus yang berhembus, sejumlah nama pelatih top dikaitkan oleh klub Liga Inggris itu seperti Massimiliano Allegri dan Mauricio Pochettino.

Tapi baru-baru ini melansir dari Football Italia, Luciano Spalletti merupakan kandidat pelatih terbaru untuk melatih Newcastle United. Pelatih berkebangsaan Italia itu akan menjadi alternatif jika Newcastle United gagal mendapatkan Massimiliano Allegri dan Mauricio Pochetino musim depan.

Luciano Spalleti saat ini masih belum melatih klub mana pun semenjak dipecat oleh Inter Milan pada akhir Mei 2019. Pelatih berusia 61 tahun itu merupakan sosok pelatih berpengalaman selama berkarier di dunia kepelatihan selama 24 tahun.

Selama berkarier sebagai pelatih, Luciano Spalletti berhasil mempersembahkan trofi untuk klubnya seperti Empoli, AS Roma, dan Zenit Saint Petersburg.

Bersama Empoli, Spalletti mempersembahkan gelar juara Piala Italia Serie C. Sementara itu, bersama AS Roma, Spalletti membawa Giallorossi menjadi juara Coppa Italia (2006/2007, 2007/2008) dan Piala Super Italia (2007/2008).

Adapun bersama Zenit Saint Petersburg, Luciano Spalletti berhasil membawa klub asal Rusia itu menjadi juara Liga Rusia (2009/2010, 2011/2012), Piala Rusia (2009/2010), dan Piala Super Rusia (2010/2011).

Patut ditunggu, jika Mohammed bin Salman jadi owner dari Newcastle United siapakah yang akan menempati kursi panas pada jabatan pelatih. 

Sebelumnya, duo tim sekota yakni Manchester United dan Manchester City sudah lebih dulu memiliki pendana yang mengeluarkan dana fantastis untuk bertarung memperebutkan gelar prestisius.

Manchester United dipegang oleh Glazer Family dan Mancing City di miliki oleh Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan. Sebelumnya, Mohammed bin Salman santer diberitakan akan memegang saham Setan Merah, namun pihak Glazer Family masih menunggu penawaran tertinggi dari putra mahkota Arab Saudi itu.