Christabel Annora, pianist merangkap singer/songwriter asal kota Malang. (Foto: Christina)
Christabel Annora, pianist merangkap singer/songwriter asal kota Malang. (Foto: Christina)

Satu lagi musisi yang menelurkan karya di masa pandemi Covid-19. Yakni pianist merangkap singer/songwriter asal Kota Malang, Christabel Annora.

Baca Juga : Suga dan IU Kolaborasi Bikin Lagu Baru, Jungkook Posting Beginian

Selama masa karantina di rumah, Ista, sapaan akrabnya, meracik sebuah tembang manis untuk para perempuan Indonesia. 

Persembahan khusus bagi kaum perempuan berjudul "Perempuan-Perempuan" ini bisa dinikmati dalam bentuk video lirik di kanal YouTube-nya.

Ista mengaku, ide lagu ini datang dari perempuan-perempuan di sekitarnya.

"Idenya sendiri datang gara-gara aku sering lihat wanita-wanita hebat di sekitarku. Mamaku, adikku, teman-temanku. Ibu rumah tangga, yang masih harus kerja juga. Ada juga temanku yang punya anak dua, masih bisa sekolah lagi..." jelasnya.

"Aku sering lihat ibu-ibu di terminal kalau pas mau pulang naik bis ke Malang, di situ biasanya ada yang jualan macam-macam. Puanas tangtang tapi pancet dodolan (panas terik tapi tetap berjualan). Juga suka dengar teman-teman di Jakarta yang kalau pulang dari kerja, ya ampun, malam banget nyampe ke rumah," sambung perempuan yang sehari-hari mengajar di salah satu perguruan tinggi di Surabaya ini.

Penulisan materi dasar lagu "Perempuan-Perempuan" dikerjakan Christabel Annora di kamarnya sendiri bersama pianonya.

Ista sempat merekam lagu itu dalam bentuk demo amatir dengan menggunakan perangkat gadget saja. 

Beberapa hari kemudian, dia coba rekam ulang lagi dengan perangkat yang lebih baik dan kualitas yang optimal untuk dirilis kepada publik.

"Awalnya sih aku cuma mau bikin tulisan, puisi ala-ala gitu deh. Trus pas ngulik piano, aku iseng-iseng coba bikin musiknya. Lha kok langsung ngalir saja idenya. Ya udah, jadilah lagu ini," ujarnya. 

Akhirnya, lahirlah “Perempuan-Perempuan”, sebuah lagu bernuansa jazz/pop berbalut suara vokal Christabel Annora yang tenang dan balada piano bernada klasik dengan selipan solo yang cukup akrobatik.

Lagu ini ditulis dengan aura positif untuk menyemangati kaum hawa. Setiap baris liriknya menggambarkan kekaguman dan harapan yang selalu dijaga. Sebuah homage (penghormatan) bagi semua perempuan di Indonesia.

Baca Juga : Johnny Depp Cover Lagu John Lenon, Pertama Kali Bikin Instagram Buat Isi Waktu Karantina

Seperti halnya pada bait lirik berikut: "Perempuan-perempuan di seluruh Indonesia / Mempesona dan rupawan / Perkasa juga menawan / Apapun yang kau akan hadapi / Tetap teguh hati / Menjalani hari menjalani mimpi / Tetapkanlah hati…"

"Di masa pandemi seperti sekarang, aku lihat ibu-ibu dokter dan tim medis yang hebat. Yang masih mau bekerja dan melayani masyarakat. Juga ada ibu-ibu ojek online serta perempuan lain yang terus berjuang demi hidup sehari-hari. Aku jadi merasa bersyukur dikelilingi perempuan-perempuan yang hebat seperti mereka," ungkap perempuan yang sempat menjalani studi di kota Edinburgh, Skotlandia tersebut.

Lagu ini direkam sendiri oleh Christabel Annora di kamarnya. Untuk proses mixing dan mastering dibantu oleh Bambang Iswanto. 

Seluruh ilustrasi yang dipakai untuk artwork dan video lagu ini juga dikerjakan sendiri oleh Christabel Annora.

"Semoga lagu ini bisa memberi apresiasi dan motivasi kepada semua perempuan-perempuan di Indonesia. Kita kudu tetap dan terus bergerak. No matter what!" harap Ista.

Untuk diketahui, Christabel Annora adalah seorang pianist, singer, dan songwriter asal kota Malang yang sudah mengeluarkan beberapa karya album. Seperti Talking Days (2016), Late December EP (2018), dan Dari Jauh (2019), serta sejumlah single yang telah tersedia di berbagai kanal music streaming.

Perempuan ini juga kerap terlibat dalam berbagai proyek musikal bersama sejumlah musisi tanah air – seperti Silampukau, Payung Teduh, hingga Slank.

Tak hanya bikin single, selama masa karantina dia juga kerap berkolaborasi dengan berbagai musisi dan seniman melalui akun media sosialnya.

Perempuan yang berprofesi sebagai dosen ini sedang menjalani aktivitas Work From Home sembari melakoni berbagai hobinya. Mulai dari menggarap lagu, membuat video tutorial dan kolaborasi, menggambar ilustrasi, menulis esai di blog, membuat aneka kerajinan seperti totebag dan masker, sampai belajar memasak di rumah.