Volleyball Nation League (VNL)
Volleyball Nation League (VNL)

Volleyball Nation League (VNL) 2020 telah dibatalkan karena pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung. Hal itu diumumkan oleh  Federation Internationale de Volleyball (FIVB) atau federasi bola voli internasional, Jum'at (8/5/2020) kemarin.

Padahal ada rencana VNL 2020 dijadwalkan akan dimulai pada 19 Mei untuk kompetisi wanita dan 22 Mei untuk acara pria.

FIVB pada bulan Maret lalu telah mengumumkan penundaan turnamen untuk melindungi kesehatan para pemain dan semua yang terlibat. Serta berharap menemukan waktu yang tepat untuk kemudian bisa dimulai pasca Covid-19.

Namun, FIVB menjelaskan, bahwa turnamen tahunan harus dibatalkan tahun ini karena pandemi dan dampaknya pada kota-kota tuan rumah mampu memberikan kompetisi yang aman, mudah diakses, dan berkualitas tinggi.

"Mengingat sifat pandemi yang berkembang, kompleksitas pementasan acara global di berbagai negara tuan rumah, dan komitmen untuk menjaga kesehatan para peserta, Dewan VNL, Dewan Administrasi FIVB dan penyelenggara acara, bersama-sama sepakat untuk membatalkan edisi tahun ini," tulis VNL dalam situs resminya setelah melihat pernyataan dari FIVB.

"(Saat ini) FIVB terus bekerja sama dengan semua pihak untuk mengoordinasikan jadwal untuk VNL 2021 sembari tetap mempertahankan Italia dan China sebagai negara tuan rumah untuk putaran final," tambahnya.

Presiden FIVB Ary S Graca mengatakan, akan bertanggung jawab untuk menggelar kompetisi dimana peserta dan penonton turnamen yang aman dan mudah diakses.

Untuk diketahui, VNL edisi tahun lalu menampilkan 16 tim terbaik dunia baik pria dan wanita. Rusia menempati posisi pertama di final putra di Chicago dan Amerika Serikat menempati posisi teratas di antara wanita.

Sementara itu, FIVB juga mengumumkan bahwa edisi Piala Volleyball Challenger 2020 untuk pria dan wanita, yang semula dijadwalkan akan diselenggarakan di Gondomar, Portugal dan Zadar, Kroasia antara 24-28 Juni masing-masing, tidak akan diadakan tahun ini.