Jumlah pasien konfirm positif Covid-19 di Kota Batu kini bertambah menjadi 6 orang pada Selasa (12/5/2020). Pasien itu sempat dirawat di RS Saiful Anwar Malang, kemudian diperbolehkan pulang.

Pasien Konfirm ke-6, itu pria berusia umur 46 tahun, yang sehari-harinya sebagai pedagang sayur (pengepul sayur) asal Desa Giripurno, Kecamatan Bumiaji. 

Baca Juga : Balita Masuk PDP Jalani Rawat Jalan

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batu, M. Chori menjelaskan, dua minggu sebelum sakit pasien itu memiliki riwayat perjalanan ke pasar Karangploso dan menerima tamu dari Malang.

“Kemudian yang bersangkutan berobat ke RS Baptis dengan keluhan sesak nafas, batuk dan demam. Oleh pihak rumah sakit yang bersangkutan di rontgen dan dilakukan rapid test,” ucapnya.

Hasil rontgen itu menunjukkan ada gejala pneumonia berat, lalu hasil rapid rest juga reaktif positif. Selanjutnya pasien itu dirujuk ke RS Saiful Anwar Malang pada 1 Mei 2020 untuk menjalani perawatan.

“Selama menjalani perawatan kondisinya terus membaik, hingga pada 9 Mei 2020 pasien diijinkan pulang untuk menjalani isolasi mandiri di rumah,” tambah Chori. 

Namun pada Selasa, ternyata hasil swab keluar dan pasien tersebut diinyatakan konfirm positif Covid-19. 

“Oleh sebab itu yang bersangkutan malam ini akan di evakuasi untuk menjalani perawatan di RS,” jelasnya.

Baca Juga : Tracing 50 Warga Desa Sumberejo yang Kontak Pasien Covid-19 Pujon, Hasilnya Melegakan

Untungnya untuk kondisi pasien saat ini stabil. “Dan kita doa-kan semoga segera mendapatkan perawatan dan bisa lekas sembuh,” harap Chori. 

Sementara itu, 5 pasien konfirm positif itu rinciannya, satu orang sudah dinyatakan sembuh. Sedangkan keempat lainnya sedang menjalani perawatan di RS Karsa Husada.