Yuyun Widiastutik management éL Hotel Kartika Wijaya Batu saat menyerahkan APD kepada Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko di Rumah Dinas Wali Kota, Rabu (13/5/2020). (Foto: istimewa)
Yuyun Widiastutik management éL Hotel Kartika Wijaya Batu saat menyerahkan APD kepada Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko di Rumah Dinas Wali Kota, Rabu (13/5/2020). (Foto: istimewa)

Kepedulian berbagai kalangan untuk bersama melawan virus Covid-19 terus menggelembung besar. Tak terkecuali dari para mantan pejabat tinggi di Republik ini, seperti mantan Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita.

Enggar bersama Alek Sumadi Seng dan Then Herry Yulianto dari Yayasan Sahati memberikan bantuan alat pelindung diri (APD) bagi tenaga kesehatan sebanyak 2.182 kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Batu di rumah dinas Wali Kota, Rabu (13/5/2020).

Bantuan itu diberikan secara simbolis oleh Yuyun Widiastutik management éL Hotel Kartika Wijaya Batu kepada Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko, yang didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kota Batu dr Kartika Trisulandari, dan Plt BPBD Kota Batu Agung Sedayu. 

Enggar menyampaikan, dalam kondisi pandemi ini saatnya seluruh elemen saling bahu membahu membantu untuk melawan covid-19 yang masih terus menyebar cukup masif.

“Pengusaha dan yang berkecukupan di negeri ini untuk membantu rumah-rumah sakit, dan daerah yang warganya memerlukan alat perlindungan diri (APD) di Tanah Air,” ucapnya.

2.182 APD yang diserahkan itu, kata Yuyun Widiastutik, merupakan sumbangan yang dikumpulkan dari para pengusaha yang peduli dan ingin berkontribusi mengatasi pandemi covid-19.

Bantuan itu berupa 100 alat tes cepat atau rapid test, 1.800 masker medis, 200 sarung tangan, 61 hazmat dan 21 pelindung wajah atau face shield.

“Jika sebelumnya saat menjadi Menteri Perdagangan, Enggartiasto mengumpulkan pengusaha untuk menjaga stabilitas harga bahan pokok selama Ramadan dan Idul Fitri. Kini beliau mengumpulkan pengusaha untuk menggalang sumbangan ke berbagai daerah untuk mencegah penyebaran covid-19,” ujarnya.

Yuyun melanjutkan, sumbangan itu merupakan yang kesekian  kali diberangkatkan Enggar, Sumadi Seng, dan Then Herry. Dimana dari hasil penggalangan itu meliputi 1,3 juta masker bedah, 300.000 masker KN-95, 40.000 pelindung wajah (face shield), 60.000 medical safety suit (alat pelindung diri/APD), dan sarung tangan medis 100.000 set. Selain itu, Enggar dan Yayasan Sahati juga menyiapkan 175 ribu unit alat rapid test dan 30 unit ventilator.

Berbagai bantuan itu sudah dan akan didistribusikan ke Jakarta, Bandung, Surabaya, Banyuwangi, Solo, Jogjakarta, dan Cirebon. 

Sementara itu Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya. Sebab Kota Batu saat ini tengah berjuang untuk memutus mata rantai Covid-19 sehingga perlu didukung dengan sarana dan prasarana. 

“Terima kasih atas bantuan alat kesehatan ini, mudah-mudahan bantuan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya bagi Dinas Kesehatan dan rumah sakit di Kota Batu. Semoga wabah covid-19 segera berakhir agar semua dapat beraktifitas kembali khususnya Kota Batu bisa hidup Kembali,” ucapnya.