Ist
Ist

Sejak Selasa (12/5/2020) belum ada lagi penambahan kasus baru Covid-19 di Kota Batu.

Meski hingga Rabu (13/5/2020) tidak ada pergerakan yang signifikan, jumlah orang dalam risiko (ODR) masih terus bertambah. 

Dalam satu hari, terdata ada tambahan 7 orang ODR.

Dari data Dinas Kesehatan Kota Batu pada Rabu hingga pukul 15.00 WIB menunjukkan ODR naik menjadi 2.044 orang dibanding hari sebelumnya. 

Rinciannya, orang sedang dipantau 329 orang, sedangkan ada 1.715 orang selesai pemantauannya. 

Untuk orang tanpa gejala (OTG) penambahannya ada 4 orang mencapai 214 orang. Rinciannya, 43 orang masih dipantau dan 171 orang sudah selesai dipantau. 

Kemudian ODP saat ini ada penambahan 2 orang sehingga tercatat ada 256 orang. Rinciannya 61 orang masih dipantau dan 195 orang sudah selesai dipantau.  

Lalu PDP, ada penambahan satu orang menjadi 57 orang. Rinciannya, dalam pengawasan ada 37 orang dan selesai pengawasan 15 orang. 

Korban meninggal masih 5 orang. Yakni dari  Kelurahan Sisir dan Kelurahan Songgokerto (Kecamatan Batu) serta Desa Bulukerto dan Desa Giripurno (Kecamatan Bumiaji). 

Sedangkan jumlah pasien konfirm positif Covid-19 ada 6 orang. 

Dari jumlah itu, satu orang sembuh dan lima orang lainnya masih menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Karsa Husada.

“Kondisi dari masing-masing pasien saat ini stabil, bagi masyarakat lainnya khususnya di Kota Batu agar menjalankan protokol kesehatan untuk mencegah virus ini,” ucap Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batu, M. Chori.

Protokol kesehatan yang harus dipatuhi itu, dengan menggunakan masker setiap kali keluar rumah, kemudian selalu mencuci tangan usai beraktivitas.

“Hindari kerumunan, dan selalu menjaga jarak satu meter. Protokol kesehatan inilah yang harus dilakukan dengan disiplin,” tutupnya.