Pasar Besar Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Pasar Besar Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

Temuan adanya kasus covid-19 di pasar tradisional pada sejumlah daerah juga ditindaklanjuti Pemkot Batu. Rencananya Pemkot Batu akan melakukan rapid test di Pasar Besar Kota Batu.

Rapid test itu rencananya akan dilakukan kepada para pedagang pasar besar Kota Batu. “Kami akan melakukan rapid test kepada pedagang,” ungkap Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan (Diskumdag) Kota Batu, Kairo Latief Setiawan. 

Rapid test itu bakal dilakukan diperkirakan pada pekan mendatang. Hal ini dilakukan sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kota Batu.

“Rapid test ini akan segera dilakukan Minggu depan, menunggu alat rapid testnya dari Dinas Kesehatan Kota Batu,” imbuhnya, Kamis (14/5/2020). 

Selain itu Pemkot Batu juga menjaga kelangsungan ekonomi masyarakat, setiap pedagang akan diwajibkan memakai sarung tangan panjang sebagai pelindung diri.

Sementara itu physical distancing juga sudah diterapkan beberapa yang lalu di Pasar Besar Kota Batu. Dengan jarak lincak pedagang dua meter, selain bagi penjual juga diharuskan menjaga jarak 

Kemudian bagi pedagang maupun pembeli harus menggunakan masker saat berada di Pasar Besar Kota Batu. “Physical distancing sudah berjalan, dengan protokol kesehatan yang ketat,” tutup Latief.