Logo PSSI (PSSI)
Logo PSSI (PSSI)

Kompetisi Liga 1 2020 sementara ini nampaknya masih akan terus dihentikan. Pasalnya PSSI masih akan menunggu hingga 29 Mei 2020 mendatang sesuai keputusan pemerintah terkait status force majeure Covid-19.

PSSI berpedoman pada SKEP/48/III/2020 (27/3/2020) yang isi didalamnya adalah situasi force majeure Covid-19. Dimana PSSI sampai saat ini masih menunggu keputusan lebih lanjut untuk menentukan nasib kompetisi Liga 1 musim 2020.

Baca Juga : Alasan Tammy Abraham Tolak Liga Inggris Dilanjutkan

Pada rapat yang telah dilakukan bersama Exco, Plt Sekretaris Jendral PSSI Yunus Nusi mengaku bahwa surat keputusan tentang penghentian sementara Liga 1 musim 2020 yang pernah dikeluarkan, masih berlaku.

"Surat keputusan ketua umum PSSI masih berlaku. Jadi kami masih menunggu hingga 29 Mei (2020) sesuai keputusan pemerintah," ujar Yunus Nusi seperti yang disampaikan di laman resmi PSSI.

Lanjut Yunus, pihaknya saat ini masih menunggu perkembangan pandemi Covid-19. Dimana sampai sejauh ini belum menunjukkan tren positif seperti yang sudah dialami oleh negara lain seperti Inggris, Jerman hingga Italia.

"Baru setelah itu kami (bisa) bicara alternatif dan opsi mengenai kelanjutan kompetisi Liga 1 2020," imbuhnya. 

Sementara itu, PSSI saat ini masih akan mengkaji keinginan 18 klub peserta Liga 1 2020 untuk menggelar rapat umum pemegang saham (RUPS) dengan PT. Liga Indonesia Baru (LIB). 

Baca Juga : Yakinkan Pemain Agar Aman, Premier League Dikabarkan Mundur Lagi

"Apalagi ini sudah mutlak. 18 klub Liga 1 atau 99 persen pemegang saham (mulai) bersikap. Selanjutnya, PSSI sebagai pemegang 1 persen saham (akan) menyampaikan kepada PT LIB untuk (segera) melaksanakan RUPS," ungkapnya. 
Rencananya menurut Yunus Nusi, RUPS harus digelar secepatnya agar menemukan solusi yang tepat terkait keberlanjutan kompetisi. 

"Peserta rapat exco sepakat menyatakan agar RUPS luar biasa PT LIB (segera) digelar 18 Mei 2020," tutupnya.