Petugas saat melakukan test kepada pedagang di pasar besar kota Batu. (Foto: istimewa)
Petugas saat melakukan test kepada pedagang di pasar besar kota Batu. (Foto: istimewa)

Pemkot Batu terus gerilya melakukan rapid test Covid 19. Selain melakukan rapid test kepada 313 pedagang Pasar Besar Kota Batu, petugas berseragam Alat Pelindung Diri (APD) Kamis (21/5/2020) juga melakukannya kepada pedagang sayur di Desa Sumberejo, Kecamatan Batu. 

“Selain rapid test dilakukan kepada pedagang pasar besar Kota Batu, juga kepada pedagang di Desa Sumberejo,” ucap Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batu, M. Chori.

Baca Juga : Bermula dari Temuan Dr. Gretha Zahar, Profesor UB Upgrade Ramuan Kopi-Telur Cegah Covid-19

Rapid test yang dilakukan di Desa Sumberejo diikuti 33 orang pedagang. Dari jumlah tersebut hasilnya ada 1 orang yang reaktif. 

Selanjutnya bagi mereka yang reaktif, harus melakukan isolasi mandiri selama 14 hari. Selain itu juga dilakukan pemantauan oleh tim Dinas Kesehatan Kota Batu.

“Bagi yang hasilnya reaktif harus melakukan isolasi mandiri, dan harus disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan,” katanya.

Sementara itu hingga saat ini rapid test terhadap pedagang atau pengepul sayur juga sudah berjalan di 8 desa. Yakni di Desa Giripurno, Desa Sumber Brantas dan Desa Gunungsari.

Baca Juga : Dinkes Kabupaten Ponorogo Lakukan Tes Cepat Covid-19, Bagaimana Hasilnya?

Kemudian di Desa Beji Kecamatan Junrejo, Desa Torongrejo Kecamatan Junrejo, Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji, Desa Giripurno Kecamatan Bumiaji dan Desa Oro-oro Ombo, Kecamatan Batu.

Dari ke 8 desa itu jumlahnya sudah 160 pedagang dengan hasil 7 orang reaktif positif.