Pedagang pasar saat dilakukan test petugas menggunakan APD di Pasar Besar Kota Batu, Kamis (21/5/2020). (Foto: istimewa)
Pedagang pasar saat dilakukan test petugas menggunakan APD di Pasar Besar Kota Batu, Kamis (21/5/2020). (Foto: istimewa)

Karantina lokal di Desa Giripurno, Kecamatan Bumiaji oleh Satgas Covid-19 bakal diberlakukan. Hal itu dikarenakan jumlah pasien konfirm Covid-19 hingga Jumat (22/5/2020) tembus 4 orang dan satu orang meninggal dunia.

“Sesuai dengan rekomendasi dari Dinas Kesehatan bahwa untuk menekan penularan dan persebaran Covid-19 serta memberikan perlindungan kepada warga masyarakat agar tidak terinfeksi virus corona, maka dipandang perlu untuk dilakukan karantina lokal,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batu, M. Chori

Baca Juga : Penjual Kelapa di Pasar Besar Kota Batu Positif Covid 19

Karantina lokal itu akan dilaksanakan pada 2 RW di Desa Giripurno.Yakni di RW 3 yang meliputi RT 11, RT 12 dan RT 13, dan RW 9 pada RT 60 dan RT 61. “Sebelumnya memang sudah dibahas dengan Satgas Covid Kota Batu bersama dengan pihak Kecamatan dan Forpimcam (Polsek dan Koramil) serta pihak desa. Hasil rapat direkomendasikan untuk dilakukan karantina lokal Desa Giripurno,” imbuhnya.

“Rekomendasi hasil rapat itu akan dibahas dengan gugus tugas tingkat kota guna mendapatkan  persetujuan dan penetapan dari Ketua Gugus Tugas Kota Batu,” tambah pria yang juga kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kota Batu ini.

Ia menambahkan, telah melakukan rapat dengan pihak kecamatan dan Forpimcam bersama tokoh-tokoh, kepala dusun, serta RW dan RT dalam rangka persiapan  karantina wilayah secara lokal. 

Menurutnya karantina lokal itu dilakukan dengan beberapa pertimbangan yakni adanya pertambahan kasus konfirm yang cepat yakni 4 pasien konfirm, serta diduga sudah ada transmisi lokal. Dalam waktu 22 hari terjadi 3 kali doubling time. 

Baca Juga : Rapid Test 33 Pedagang Sayur di Di Desa Sumberejo, Hasilnya 1 Orang Reaktif

“Pertimbangan lainnya  sudah ada kasus kematian pasien konfirm di Desa Giripurno. Di samping itu sana  berbatasan langsung dengan Karangploso Kabupaten Malang, dimana perkembangan kasus Covid-19 Kabupaten Malang meningkat cukup signifikan,” 

Karena hal tersebut sehingga perlu dilakukan langkah antisipasi untuk mencegah laju penularan dan persebaran virus Covid-19 di Kota Batu. “Sedang proses penetapan karantina wilayah lokal Desa Giripurno, tinggal menunggu ditandatangani oleh Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kota Batu,” tutupnya.