Sila saat mulai makan tumpeng sayur dan buah di Batu Secret Zoo, Jatim Park 2, Senin (1/6/2020). (foto: screenshot)
Sila saat mulai makan tumpeng sayur dan buah di Batu Secret Zoo, Jatim Park 2, Senin (1/6/2020). (foto: screenshot)

Tepat di Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada Senin (1/6/2020), rasa bahagia juga dirasakan oleh seekor satwa tapir pejantan di Jawa Timur Park 2. Tapir yang diberi nama Sila itu merayakan hari lahirnya di tengah pandemi Covid-19 di area Savanah.

Sayangnya di hari ulang tahunnya yang ke-2 itu, Sila hanya merayakannya bersama tiga ekor tapir lainnya. Tentunya berbeda dengan moment tahun sebelumnya yang bisa dirayakan bersama para pengunjung yang datang di Jawa Timur Park 2.

Baca Juga : Sektor Pariwisata segera Dibuka, Museum Angkut Simulasikan Jarak Antrean Tiket dan Toilet

Hanya saja, perayaan ulang tahun ini bisa dinikmati oleh masyarakat melalui virtual. Ya melalui live Instagram, Jawa Timur Park 2 ingin berbagi kebahagiaan bersama dengan tapir meski melalui virtual.

Namun setidaknya bisa mengobati rasa rindu bagi para pengunjung yang ingin hadir di sana. Para pemandu yang merayakan ulang tahun Sila pun juga menggunakan topi ulang tahun dan menggunakan masker.

Sebelum merayakan ulang tahun Sila, dalam virtual itu masyarakat yang ada di rumah, dia ajak untuk berkeliling ke area Savanah Kampung Afrika. Mereka diajak melihat Zebra, Oryx, Antellop, Waterbuck dan sebaganya.

Kemudian lanjut ke area gajah, ada Andalas, Anis, Nazumi, Tira, Lili dan Dumbo gajah yang paling kecil. Di sana pemandu virtual trip mengajak berinteraksi dengan keluarga gajah tersebut. Mulai dari memberi makan, main bola, dan sebagainya.

Lalu acara puncaknya penonton diajak ke kandang tapir untuk merayakan Ulang Tahun Sila. Saat perayaan, Sila dapat kado yakni sebuah tumpeng buah-buahan dan sayuran kesukaannya.

Baca Juga : Selama Pandemi Covid-19 Satwa Batu Secret Zoo Justru Lebih Terkontrol Stressnya

Marketing Executive Jawa Timur Park Group Yokka Rhismadora, mengatakan diberinya nama Sila karena memang lahirnya bertepatan dengan Hari Lahir Pancasila. “Namanya Sila karena waktu lahir pas di Hari Lahir Pancasila ini,” katanya.